JawaPos Radar

Setelah Simulasi, Pengamanan Asian Games Mulai Masuk Implementasi

30/07/2018, 15:48 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Setelah Simulasi, Pengamanan Asian Games Mulai Masuk Implementasi
Konferensi Pers Kesiapan Pengamanan Asian Games 2018 di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/7). (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Setelah dilakukannya simulasi demi simulai selama sebulan, tim keamanan Asian Games 2018 yang terdiri dari Polri, TNI dan BIN pun menyatakan siap mengeksekusi rencana operasi yang telah disusun.

Kapolri Tito Karnavian menjelaskan tindakan pengamanan sebenarnya sudah dilakukan dari jauh-jauh hari. Pasalnya, acara olahraga terbesar se-Asia ini merupakan event yang penting dan bersejarah.

"Kesiapan pengamanannya kita tidak fokus di 18 Agustus tapi sudah melaksanakan pengamanan jauh sebelum itu karena ada pertandingan yang dilaksanakan itu sebelum tanggal 18, bahkan tanggal 7 Agustus sudah ada yang mulai," jelas Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (30/7).

"Artinya kontingen, official, tim advance sudah mulai ke sini awal Agustus, cek lokasi, latihan. Kemudian selesai operasi bukan hanya sampai 2 September tapi sampai dengan tamu-tamu kita kembali secara resmi, itulah momentum kita menyekesaikan operasi," tegasnya.

Tito menuturkan ada beberapa hal yang menjadi rawan untuk diwaspadai selama Asian Games, baik terorisme, kejahatan jalanan dan kemacetan lalu lintas. Menurutnya, untuk di Palembang kemacetan tidak terlalu menjadi masalah tetapi berbeda dengan Jakarta.

"Yang kita hitung di wilayah Jakarta, oleh karena itu simulasi kita lakukan terus menerus, sambil kordinasi dengan Pemda DKI dan semua stake holder agar target yang diminta INASGOC 30 menit sudah sampai ke venue bisa terlaksana," ujarnya.

Seperti yang diketahui, perhelatan Asian Games akan digelar 18 Agustus - 2 September 2018. Tinggal 19 hari lagi, INASGOC mulai menyiapkan segalanya baik dari sarana prasarana, venue, lalu lintas, pengamanan maupun kenyamanan para atlet baik di Indonesia maupun mancanegara.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up