alexametrics

Penyuap Pejabat Kementerian PUPR Dieksekusi ke Lapas Tangerang

30 Mei 2019, 20:10:14 WIB

JawaPos.com – Perkara suap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR terhadap empat orang terpidana sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht). Kini para terpidana dieksekusi ke Lapas Tangerang, Banten.

Keempat terpidana itu adalah Lily Sundarsih Wahyudi (direktur PT Wijaya Kusuma Emindo/WKE), Budi Suharto (direktur Utama PT WKE), Irene Irma (direktur PT Tashida Perkasa Sejahtera/TPS), dan Yuliana Enganita Dibyo (direktur PT TPS).

“Jaksa ekseskussi pada KPK telah melakukan eksekusi terhadap 4 orang terpidana dalam kasus suap terkait proyek sistem penyediaan air minum di sejumlah daerah,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (30/5).

Keempatnya dieksekusi di dua lapas berbeda di Tangerang. Tiga terpidana yakni Lily Sundarsih, Irene Irma, dan Yuliana Enganita dieksekusi ke Lapas Klas II B Anak Wanita Tangerang. Sementara terpidana Budi Suharto dieksekusi ke Lapas Klas 1 Pria Tangerang.

Febri menambahkan terhadap sejumlah fakta yang ditemukan di tingkat persidangan keempat terpidana itu. Nantinya fakta persidangan itu akan ditindaklanjuti untuk kemungkinan pengembangan dalam perkara tersebut.

“KPK juga akan terus mencermati fakta-fakta yang muncul di persidangan terutama jika terdapat petunjuk awal adanya pelaku lain yang terlibat,” jelas Febri.

Sebelumnya majelis hakim memvonis keempat terdakwa penyuap pejabat PUPR dengan hukuman masing-masing 3 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 2 bulan kurungan.

Budi Suharto dianggap terbukti bersama-sama dengan istrinya, Lily Sundarsih telah menyuap Anggiat Partunggul Nahot Simaremare selaku Kasatker SPAM Strategis/PPK SPAM Lampung, Meina Woro Kustinah selaku PPK SPAM Katulampa, Teuku Moch Nazar selaku Kepala Satker SPAM Darurat, dan Donny Sofyan Arifin selaku PPK SPAM Toba 1.

Suap itu agar para pejabat PUPR tak mempersulit proses pengawasan proyek dan melancarkan pencairan anggaran.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads