alexametrics

Teroris Sumbar Rekrut Anak di Bawah Umur, Densus Akan Deradikalisasi

30 Maret 2022, 11:09:09 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 16 terduga teroris ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Sumatera Barat. Mereka pun aktif merekrut anak-anak untuk bergabung ke kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, pihaknya bakal melakukan upaya deradikalisasi terhadap anak-anak yang terpapar kelompok NII tersebut.

Menurut Aswin, upaya deradikalisasi tersebut dilakukan, karena diduga anak-anak yang telah direkrut ke kelompok NII tersebut sudah terpengaruh dengan paham radikalisme. “Densus 88 Antiteror berupaya melakukan deradikalisasi,” ujar Aswin saat dikonfirmasi, Rabu (30/3).

Aswin menuturkan, pihaknya akan menggandeng banyak pihak untuk melakukan deradikalisasi terhadap anak-anak yang telah direkrut 16 tersangka terorisme tersebut. “Bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos), ormas Islam dalam rangka moderasi beragama,” katanya.

Aswin mengatakan, pihaknya belum menangkap anak di bawah umur dalam kasus tersebut. Mereka diduga baru direkrut. Sehingga saat ini fokus utama adalah melakukan deradikalisasi. “Tidak ada penangkapan anak-anak,” ungkapnya.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri menciduk 16 teroris di Sumatera Barat. Saat ini mereka telah ditetapkan sebagai tersangka. Sebanyak 16 teroris tersebut merupakan kelompok dari NII.

Belasan orang tersebut aktif melakukan perekrutan terhadap anak-anak yang masih di bawah umur. Mereka juga rutin melakukan latihan ala militer dan dan aktif melakukan pengumpulan sejata.

16 teroris yang ditangkap tersebut juga berniat menggulingkan pemerintahan yang sah. Mereka juga berencana mengubah ideologi Pancasila dengan syariat Islam secara kafah.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: