JawaPos Radar

Soal Aksi Koboy di Tol Kuningan, Begini Kata Kadiv Humas Polri

30/03/2018, 17:05 WIB | Editor: Kuswandi
Setyo Wasisto
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, saat menggelar jumpa pers Kamis kemarin (16/2) (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto geram melihat aksi koboy menggunakan airsoft gun yang dilakukan Teza Irawan (23) di Gerbang Tol Kuningan II, Jakarta Selatan, Kamis sore, 29 Maret 2018. Apalagi ketika diamankan Polda Metro Jaya, ditemukan kartu Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin).

Kalau memang Teza anggota Perbakin, kata Setyo, dia jelas melakukan pelanggaran sebagai anggota. "Kalau betul dia punya kartu Perbakin yang sah, maka dia telah melanggar tata tertib dan perkap (peraturan Kapolri) tentang senjata api," ujar Setyo Wasisto saat dikonfirmasi, Jumat (30/3).

Pasalnya, senjata api apapun bentuknya, tidak boleh disalahgunakan. "Senjata di Perbakin bukan untuk dibawa-bawa," tegas Setyo.

Lalu jika memang kartu Perbakin itu palsu, tentu Teza juga melakukan pelanggaran. "Yang saya lihat itu bukan kartu Perbakin," pungkas Setyo.

Sementara itu, diketahui Teza saat ini sudah ditangani Reskrimum Polda Metro Jaya.

Sebelumnya diberitakan, Teza diamankan anggota Tim CPR Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Itu setelah dia menodongkan senjata airsoft gun kepada pengendara lain di Gerbang Tol Kuningan II, Jakarta Selatan, Kamis sore, 29 Maret 2018.

Seperti yang dirilis dalam akun twitter @TMCPoldaMetro. Peristiwa itu bermula ketika mobil yang dikendarai pelaku melaju di jalan bebas hambatan (tol) Dalam Kota atau Lingkar Dalam dari arah barat. Namun setibanya di sekitar exit tol RS Dharmais, mobil yang dikendarai Teza masuk ke bahu jalan namun tidak diberi ruang oleh mobil yang ada di depannya.

Tak terima dihalangi, Teza pun kemudian memepet mobil yang kala itu dikendarai oleh Jumuanto. Dia membuka kaca depan mobilnya sembari menodongkan airsoft gun ke arah mobil Jumanto.

Beruntung, anggota polisi yang berada di sekitar lokasi melihat kejadian tersebut dan langsung mengejar Teza. Dia pun dibekuk di Gerbang Tol Kuningan 2.

Dari hasil pemeriksaan di mobil pelaku ditemukan sepucuk airsoft gun. Ada pula surat senjata Perbakin atas nama Edwin, satu unit HT dan delapan butir amunisi. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up