alexametrics

Densus 88 Amankan Enam Anggota Kelompok Pak Jenggot

29 Oktober 2019, 10:30:23 WIB

JawaPos.com – Densus 88 Antiteror kembali menangkap terduga teroris. Enam orang yang terhubung dengan kelompok Daurut Daulah Endang alias Abu Rafi alias Pak Jenggot ditangkap di tiga lokasi berbeda. Sebelumnya, mereka sempat merencanakan aksi saat pemilihan presiden (pilpres).

Enam terduga teroris tersebut, yakni JF, R, dan HC, ditangkap di Bekasi. Lalu, BS dan AR dibekuk di Depok serta SG diamankan di Bogor. Penangkapan secara berantai itu dilakukan pada Sabtu (26/10). ”Semua satu kelompok,” ujar Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Asep Adi Saputra kemarin.

Mereka merupakan anggota kelompok Daurut Daulah yang diketahui telah berbaiat kepada ISIS dan merancang serangan teror. ”Mereka dipimpin Abu Rafi alias Pak Jenggot yang ditangkap Mei lalu,” ungkapnya.

Aparat berhasil menggagalkan rencana aksi kelompok itu saat pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan April lalu. Sejumlah anggota kelompok tersebut ditangkap. ”Ini anggota yang terakhir. Walau begitu, masih dilakukan pendalaman,” terang Asep.

Sementara itu, pengamat terorisme Al Chaidar menjelaskan, kelompok teroris masih terus bermunculan akibat minimnya langkah counter discourse atau kontrawacana. Akibatnya, setiap doktrin atau keyakinan dari kelompok teroris tetap berkembang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/c10/fal


Close Ads