JawaPos Radar

Jawaban Wakapolri Soal Hasil Hitung Cepat Pilkada Makassar

29/06/2018, 11:27 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jawaban Wakapolri Soal Hasil Hitung Cepat Pilkada Makassar
Wakapolri Komjen Syafruddin. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin membantah dirinya memberi atensi khusus pada Pilkada Makassar, Sulawesi Selatan. Kata dia, tidak ada pencatatan hasil hitung cepat yang dilakukan anggota Kepolisian di semua TPS di sana.

"Tidak ada, tidak ada. Sudah ada instruksi Pak Kapolri tidak boleh kok (mencatat hasil hitung cepat)," kata dia saat ditemui di PTIK, Jakarta, Kamis malam (28/6).

Memang dia akui dulu perekaman data hasil hitung cepat sempat dilakukan anggota kepolisian yang berjaga di TPS. Itu semata-mata untuk menjaga agar tidak terjadi kecurangan. "Tapi ada instruksi Kapolri itu tidak boleh ada mencatat. Polri hanya mengamankan," tegas pria kelahiran Makassar itu.

Mungkin yang dicurigai masyarakat bahwa anggota Polri mencatat hasil Pilkada karena mereka berfoto di TPS. Hal itu menurutnya wajar di era modern seperti sekarang. 

"Selfie sana selfie sini, kawan-kawan juga begitu, siapa saja begitu, selfie, ada yang aneh-aneh dikit foto, mungkin itu  dicurigai, tapi nggak ada itu, nggak boleh," sambungnya.

Dirinya pun membantah hasil hitung suara yang dilakukan salah satu lembaga survei di Makassar adalah omong kosong. "Nggak ada, hoax itu, berita itu yang hoaks. Polri netral, apalagi saya," katanya.

Syafruddin mengatakan dirinya sangay netral dalam Pilkada di Makassar, Sulsel. "Sulsel itu saya sangat netral, karena kenapa? Di Sulsel itu kontestannya bersaudara semua," kilahnya.

Untuk itu sekali lagi dia membantah berkomentar terkait Pilkada di sana. "Nggak ada. Saya nggak pernah berkomentar tentang macam-macam. Saya hanya berkomentar tentang olahraga, masjid, keamanan," pungkasnya.

Sebelumnya beredar berita yang mengutip pernyataan Wakapolri Komjen Pol Syafruddin. Dikatakan dalam berita tersebut bahwa Tim Pengamanan Pilkada Mabes Polri mencatat, pasangan calon (paslon) wali kota-wakil wali Kota, Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (APPI-CICU), unggul tipis dalam perolehan suara Pilkada Kota Makassar 2018. Paslon ini unggul sekitar tiga persen dari kolom kosong.

Disebutkan pula bahwa berdasarkan data yang dihimpun dari tim pengamanan Pilkada Mabes Polri, jumlah suara yang diperoleh Munafri-Rachmatika mencapai 51,07 persen. Sementara itu, kolom kosong mendapat suara sebanyak 48,93 persen. 

Data di atas katanya dihitung dari hasil pemungutan suara pilkada Makassar dengan jumlah DPT sebanyak 990.836 penduduk. Jumlah TPS di daerah itu tercatat sebanyak 2.670 titik.

Data yang didapat Polri disebut-sebut serupa dari data yang didapat lembaga survey real count, media center APPICICU dan SSI. Bahwa paslon Munafri-Rachmatika meraih suara 51,07 persen. Sedangkan kolom kosong meraih 48,93 persen suara.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up