alexametrics

Lagi-lagi Idrus Mengelak Terima Suap PLTU Riau-1

29 Januari 2019, 14:26:31 WIB

JawaPos.com – Mantan Menteri Sosial Idrus Marham kembali menegaskan, bahwa dia tidak terlibat dalam pusaran kasus suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. Hal itu diungkapkan Idrus jelang sidang yang melilitnya.

“Kan Eni sudah mengatakan semua, saya tidak terlibat di PLTU, tidak pernah menyuruh,” kata Idrus di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Selasa (29/1).

Selain itu, soal janji-janji penerimaan fee. Mantan Sekjen Partai Golkar era Setya Novanto ini menegaskan bahwa tidak ada siapapun yang menjanjikan dia sesuatu dari proyek PLTU Riau-1.

“Eni dan Kotjo tidak pernah kasih saya uang, nggak pernah ngasih janji,” tegasnya.

Sebelumnya, Idrus Marham didakwa menerima suap senilai Rp 2,250 miliar terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1. Uang tersebut diberikan oleh pengusaha sekaligus salah satu pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo.

Idrus dinilai berperan atas pemberian uang dari Kotjo yang diduga digunakan untuk membiayai musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) Partai Golkar pada 2017.

Selain itu, Idrus juga disebut meminta agar Kotjo membantu pendanaan suami Eni Saragih, Muhammad Al Khadzik saat mengikuti pemilihan kepala daerah Temanggung.

Idrus didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Lagi-lagi Idrus Mengelak Terima Suap PLTU Riau-1