alexametrics

Terkait Dugaan Kasus Rasisme, TNI Periksa Danramil dan Babinsa

28 Agustus 2019, 16:34:18 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan bahwa dirinya dan panglima TNI akan menjamin Papua tetap kondusif. Penegasan tersebut disampaikan Kapolri saat berkunjung ke Mapolda Papua Selasa (27/8).

Menurut Cenderawasih Pos, Kapolri mengadakan jumpa pers dengan didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja. Tito menyebutkan, situasi mulai dingin meski masih ada beberapa aksi.

“Kami akan terus berusaha melakukan langkah-langkah dialog dan penegakan hukum. Kasus di Surabaya ada penegakan hukum, begitu juga di Manokwari dan Timika. Penegakan hukum secara berimbang,” lanjutnya. Kapolri sudah berdialog dengan gubernur Papua Barat untuk melakukan langkah-langkah yang menyejukkan.

Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, terkait dugaan kasus rasisme di Surabaya, Danramil dan babinsa saat ini tengah diperiksa. “Ada juga perorangan yang diperiksa. Namun, masih didalami dan dipelajari siapa yang teriak rasis itu,” katanya. Dia menegaskan, TNI tidak memberikan ruang terhadap perilaku rasis.

Sebelum mengunjungi Provinsi Papua, panglima dan Kapolri menyambangi Manokwari dan Sorong. Hari ini mereka akan berkunjung ke Timika untuk bertemu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat setempat.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fia/nat/c9/oni

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads