alexametrics

Wakapolri Jadi Objek Hoax Pilkada Makassar

28 Juni 2018, 19:26:34 WIB

JawaPos.com – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin tengah ditimpa isu hoax. Pasalnya beredar berita tentang pendapatnya terkait hasil hitung cepat Pilkada Makassar.

“Setelah saya klarifikasi berita tentang di Makassar adalah hoax, bapak Wakapolri tidak pernah memberi pernyataan kepada pers seperti itu,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto saat dikonfirmasi, Kamis (28/9).

Kata dia, instruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian tegas bahwa anggotanya dilarang untuk mencatat bahkan mendokumentasikan hasil perhitungan suara di TPS. “Polri tidak mencatat perolehan suara di TPS-TPS. Mabes Polri hanya mengirim Tim Asistensi terdiri dari beberapa perwira tinggi dan perwira menengah,” tuturnya.

Wakapolri Jadi Objek Hoax Pilkada Makassar
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. (Dok. JawaPos.com)

Tugas Kepolisian katanya hanya melakukan penjagaan. “Masalah data bukan kewenangan Polri. Tugas Polri hanya pengamanan,” pungkas Setyo.

Sebelumnya beredar berita yang mengutip pernyataan Wakapolri Komjen Pol Syafruddin. Dikatakan dalam berita tersebut bahwa Tim Pengamanan Pilkada Mabes Polri mencatat, pasangan calon (paslon) wali kota-wakil wali Kota, Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (APPI-CICU), unggul tipis dalam perolehan suara Pilkada Kota Makassar 2018. Paslon ini unggul sekitar tiga persen dari kolom kosong.

Disebutkan pula bahwa berdasarkan data yang dihimpun dari tim pengaman Pilkada Mabes Polri, jumlah suara yang diperoleh Munafri-Rachmatika mencapai 51,07 persen. Sementara itu, kolom kosong mendapat suara sebanyak 48,93 persen. 

Data di atas katanya dihitung dari hasil pemungutan suara pilkada Makassar dengan jumlah DPT sebanyak 990.836 penduduk. Jumlah TPS di daerah itu tercatat sebanyak 2.670 titik.

Data yang didapat Polri disebut-sebut serupa dari data yang didapat lembaga survey real count, media center APPICICU dan SSI. Bahwa paslon Munafri-Rachmatika meraih suara 51,07 persen. Sedangkan kolom kosong meraih 48,93 persen suara. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)



Close Ads
Wakapolri Jadi Objek Hoax Pilkada Makassar