alexametrics

KKB Bakar Ekskavator Milik PT Istaka Karya

28 Februari 2019, 16:52:20 WIB

JawaPos.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar sebuah ekskavator milik PT Istaka Karya di Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua. Aksi itu dilakukan semalam sekitar pukul 20.30 WIT.

Sebelum melakukan pembakaran, kel kelompok tersebut membunyikan tembakan sebanyak 2 kali. Kabar tersebut lalu dibenarkan Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin Siregar.

“Ya benar ada dibakar alat berat tapi itu alat yang telah lama rusak dan ditinggalkan karena tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (28/2).

Adapun ekskavator itu memang sudah ditinggalkan PT. Istaka Karya karena sudah tak bisa dipakai. “Karena alat berat rusak ya ditinggalkan saja karena untuk memperbaikinya lebih mahal ongkosnya, jadi tidak dijaga,” sebut dia.

Namun Martuani enggan berkomentar apakah pembakaran itu berkaitan dengan ancaman KKB yang disampaikan beberapa hari lalu. Dia hanya menyebut kejadian semalam merupakan bentuk gangguan.

“Ya namanya gangguan bersenjata. Kalau saran saya berita-berita seperti ini (ultimatum KKB) mohon maaf tidak perlu ditanggapi,” tukasnya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menambahkan, sebelum pembakaran itu, sempat terjadi kontak tembak antara KKB dengan tim Brimob yang melakukan pengamanan di Distrik Yal.

Kontak tembak itu terjadi pada Selasa (26/2) pukul 23.00 WIT. Mulanya pada pukul 21.54 WIT, personil Brimob yang dipimpin AKP Rubby Nanda melakukan pergerakan penyisiran dari Distrik Yigi – Yal – Mugi.

Pukul 23.00 WIT, pada saat personil brimob menaiki tanjakan terjal longsoran di Distrik Yal, KKB menembak sebanyak 3 kali ke arah personil brimob disertai dengan teriakan-teriakan khas masyarakat pegunungan sebagai pancingan dari kiri dan belakang.

Pukul 23.15 WIT, dua tim personil brimob memberikan tembakan balasan dan pengejaran. Lalu pukul 23.45 WIT, personil brimob melaksanakan penggeledahan beberapa rumah yang diindikasikan dijadikan tempat persembunyian KKB dan melakukan patroli di beberapa ketinggian Distrik Yal.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini


Close Ads
KKB Bakar Ekskavator Milik PT Istaka Karya