alexametrics

Selama Natal dan Tahun Baru, Polisi Gencatan Senjata di Nduga

27 Desember 2018, 15:28:40 WIB

JawaPos.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan gencatan senjata terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Nduga, Papua. Ini berlaku khusus selama perayaan Natal hingga Tahun Baru (Nataru) 2019 mendatang.

“Khusus Natal dan Tahun Baru, sudah saya perintahkan kepada jajaran Polri di sana, cooling down, gencatan senajata,” ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/12).

Alasannya, tokoh masyarakat dan adat di Papua sangat menghargai gereja. Terlebih perayaan Natal yang dianggap sakral bagi masyarakat di sana.

“Jadi sepanjang di sana (KKB) ribut, jangan dulu lah di sini kejar-kejar. Entar kalau sudah selesai tahun baru, barulah kami kejar lagi,” ungkap Tito.

Jika polisi bersikeras melakukan pengejaran dan tindakan represif, menurutnya akan memperburuk citra Korps Bhayangkara sendiri. “Karena itu sensitif Natal dan Tahun Baru kalau dilakukan operasi atau langkah-lanhkah penegakkan hukum yang keras, apalagi ada korban, mudah sekali digoreng,” beber mantan Kapolda Papua ini.

Karena itu, pihaknya saat ini lebih mengedepankan pendekatan terhadap tokoh masyarakat. Seperti merayakan Natal bersama. Tito mengaku ingin mengambil hati masyarakat Papua.

“Sepanjang kami bisa menarik simpati publik di sana, kelompok ini ada tapi lama-lama akan menghilang sendiri, sama seperti di Aceh,” sebut dia.

Sebaliknya, jikalau polisi bertindak keras, pihaknya terlihat menang dalam peperangan tapi sebenarnya kalah karena publik tak lagi berempati. “Jadi, memang seolah kami kalah di lapangan tapi publik memberi simpati kepada kami itu strategi besarnya,” kata Tito.

Pada intinya, lanjut mantan Kepala Datasemen Khusus 88 Anti-teror itu, pihaknya tetap melakukan pengejaran. Namun, mereka menghindari isu yang bisa digunakan KKB untuk menarik simpati dunia. “Ini ada perang propaganda yang ada sekarang,” pungkas Tito.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)



Close Ads
Selama Natal dan Tahun Baru, Polisi Gencatan Senjata di Nduga