alexametrics
OTT DPRD Kalteng

Ini Sejumlah Oknum DPRD Kalteng yang Ditangkap KPK

27 Oktober 2018, 02:05:30 WIB

JawaPos.com – Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sebanyak empat Anggota DPRD Provinsi Kalteng karena diduga melakukan transaksi suap menyuap terkait kewenangannya. Selain mengamankan sejumlah wakil rakyat dari ‘Bumi Tambun Bungai’, tim juga mengamankan sejumlah pihak lain yang terdiri dari terduga penyuap dan pihak lain yang berasal dari unsur swasta. Total ada 14 orang yang diamankan dalam operasi kedap yang dilakukan di Jakarta dan Kalteng Jumat (26/10).

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com, beberapa anggota DPRD yang diamankan berasal dari Komisi B DPRD Provinsi Kalteng. ” Ada A, ER, SD, dan BM,” terang Sumber JawaPos.com, Jumat (26/10) malam. Mereka diciduk di beberapa tempat terpisah di Jakarta dan Palangka Raya.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah, sejumlah Anggota DPRD tersebut diamankan karena diduga menyalahgunakan kewenangan sebagai wakil rakyat.

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

“Kami mendapat informasi dari masyarakat akan melakukan transaksi di Jakarta terkait di bidang perkebunan dan lingkungan hidup,” kata Febri Diansyah.

Febri menjelaskan, operasi senyap tersebut berlangsung pada siang hingga sore hari tadi. Namun, dia enggan menjelaskan secara rinci di mana lokasi transaksi itu berlangsung. Yang pasti katanya, dalam operasi senyap tersebut, tim penyelidik dan penyidik lembaga antirasuah berhasil mengamankan barang bukti uang suap senilai ratusan juta.

“Kami menduga (transaksi) itu bukan pemberian yang pertama,” jelasnya.

Saat ini, sebanyak 14 orang yang diamankan sedang dilakukan pemeriksaan secara intensif guna ditentukan status hukumnya. “Dalam waktu 24 jam KPK akan menaikan status meraka yang tertangkap tangan,” tegas Febri.

Editor : Kuswandi

Reporter : (ipp/rdw/JPC)



Close Ads
Ini Sejumlah Oknum DPRD Kalteng yang Ditangkap KPK