Setya Novanto Diperiksa KPK untuk Kasus Suap PLTU Riau-1

27/08/2018, 10:27 WIB | Editor: Kuswandi
Mantan Ketua DPR Setya Novanto saat hendak dieksekusi ke LP Sukamiskin (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa mantan Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Terpidana korupsi e-KTP itu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Johannes B Kotjo.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka JBK (Johannes B Kotjo)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (27/8).

Novanto saat ini tengah berada di gedung KPK, dia datang sekitar pukul 09.20 WIB mengenakan kemeja putih.

Saat disinggung soal kasus PLTU Riau-1, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengklaim tidak mengetahui. Dia beralasan sudah di dalam tahanan.

Namun, Novanto mengetahui kalau orang dekatnya mantan Sekjen Golkar sekaligus mantan Menteri Sosial Idrus Marham telah ditetapkan sebagai tersangka dari kasus dugaan suap PLTU Riau-1.

"Tahu (Idrus jadi tersangka). Cukup kaget juga ya. Dia orang pekerja keras," tutur Novanto.

Selain Novanto, KPK pun memanggil lima saksi lain untuk tersangka Idrus Marham. Keempatnya ialah Bupati Temanggung terpilih, M Al Khadziq, karyawan swasta Audrey Ratna, tenaga Ahli DPR, Tahta Maharaya, Direktur PT Nugas Trans Energi, Indra Purmandani, dan Komisaris PT Skydweller Indonesia Mandiri, yang juga putra Novanto, Rheza Herwindo.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka. Mereka adalah Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih, pengusaha Johannes B Kotjo, dan eks Mensos Idrus Marham.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi