JawaPos Radar

Idrus Marham Tersangka, Setya Novanto : Kaget Saya, Dia Pekerja Keras!

27/08/2018, 11:42 WIB | Editor: Kuswandi
Idrus Marham
Mantan Mensos Idrus Marham saat menyambangi koleganya yang tengah menghadapi sidang kasus korupsi (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Terpidana kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Setya Novanto, mengaku kaget atas ditetapkannya status mantan Menteri Sosial Idrus Marham sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

"Sudah tahu (Idrus Marham menjadi tersangka), cukup kaget juga ya. Dia orang pekerja keras," kata Novanto saat datang ke Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/8).

Novanto yang datang pada pukul 09.20 WIB mengenakan kemeja putih, akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka salah satu pemegang saham PT Blackgold Natural Recources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo.

Namun mantan Ketua DPR RI itu mengaku tidak mengetahui banyak soal kasus PLTU Riau-1. Sebab saat ini Novanto telah mendekam di Lapas Sukamiskin. "Waduh nggak tahu saya, kan saya sudah masuk (Lapas Sukamiskin)," ucap Novanto.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka, yakni mantan anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, pengusaha Johannes B Kotjo, dan mantan Mensos Idrus Marham.

Eni diduga menerima suap sebesar Rp 500 juta yang merupakan bagian dari commitment fee 2,5 persen dari nilai proyek kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

Commitment fee tersebut diberikan oleh Johannes Budisutrisno Kotjo. Dalam kasus ini, KPK juga menetapkan Johannes sebagai tersangka karena memberikan suap kepada Eni. Dalam hasil penyidikan, Idrus diduga mendapat janji fee USD 1,5 juta oleh Johannes B Kotjo.

(ce1/rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up