alexametrics

Kemenkominfo Blokir Lagi 54 Konten Paul Zhang

27 April 2021, 12:15:05 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali melakukan pemutusan akses atau take down terhadap konten bikinan Jozeph Paul Zhang, YouTuber yang terjerat kasus penistaan agama.

Jubir Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa dalam beberapa waktu terakhir, pihaknya telah melakukan take down terhadap berbagai konten yang tersebar di dunia maya. Salah satunya milik Jozeph. Menurut Dedy, dari 2018 hingga 26 April kemarin, pihaknya sudah melakukan take down terhadap 3.640 konten di internet yang menimbulkan kebencian dan permusuhan berdasar SARA.

”Dari 3.640 tersebut, di dalamnya juga ada pemutusan akses terhadap 54 konten yang diduga mengandung kebencian dan permusuhan yang diunggah Jozeph Paul Zhang,” ujar Dedy kemarin (26/4). Konten-konten tersebut, kata Dedy, adalah bagian dari penanganan Kemenkominfo untuk menghambat persebaran rasa kebencian atau permusuhan individu dan kelompok masyarakat tertentu. ”Kemenkominfo bertindak tegas dalam penanganan konten-konten ini,” tuturnya.

Meski demikian, Dedy mengatakan, pihaknya tidak sembarangan memutus akses. Ada tiga kriteria utama yang menjadi pedoman untuk menentukan apakah sebuah konten layak di-take down. Pertama, konten mengandung muatan penghinaan terhadap agama-agama tertentu di Indonesia. Kemudian, mengandung ajakan membenci atau melakukan kekerasan kepada pemeluk agama tertentu. Yang ketiga adalah seruan untuk membenci individu atau kelompok suku tertentu.

Baca juga: Gus Miftah: Jozeph Paul Zhang Gagal Paham dengan Pancasila

Konten-konten yang di-take down tersebut tersebar di berbagai situs, platform media sosial, maupun aplikasi file sharing. ”Penanganan konten mengandung unsur kebencian dan permusuhan berdasar SARA mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku,” jelas Dedy.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c7/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads