alexametrics

MUI Hingga Densus 88 Hadiri Diskusi Tertutup di Kantor PDIP, Soal Apa?

27 April 2018, 17:30:00 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kiai Ma’ruf Amin, Direktur Deradikalisasi BNPT Brigjen Pol Hamli, dan Direktur Intelijen Densus 88 Antiteror Kombes Pol Ibnu Suhendra menyambangi kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), di Jakarta, pada hari ini, Jumat (27/4).

Kedatangan mereka ternyata guna menghadiri diskusi bertemakan ‘Aktualisasi Nilai-nilai Kebangsaan untuk Mencegah Penyebaran Paham Radikalisme, Pro Kekerasan, dan Intoleransi’. Sayangnya, diskusi itu digelar tertutup.

Sebelum tertutup untuk media, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah menyampaikan, tujuan dilaksanakannya diskusi tersebut salah satunya untuk mendapatkan saran, masukan, dan pandangan terkait Rancangan Undang-undang Terorisme yang saat ini menuju tahap finalisasi di DPR, khususnya dari tokoh agama seperti Ma’ruf Amin.

“Kami harapkan FGD (Focus Group Discussion) ini jadi bahan pertimbangan untuk berikan instruksi, pandangan, dan pertimbangan, jadi bahan dalam pembahasan di Pansus,” katanya.

Dia menerangkan di era sekarang ini, masyarakat dihadapkan dengan ideologi trans-nasional yang masuk ke Indonesia. Paham radikalisme yang masuk, memunculkan intoleransi dan kekerasan.

Demikian juga dengan berkembangnya seks di luar nikah, LGBT, narkoba, dan lain sebagainya. Ketua Komite Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Riska Mariska menambahkan, paham radikalisme sangat mengganggu dan mengancam keutuhan bangsa.

“Paham ini juga cikal bakal dari terorisme. Masuk ke dalam sendi kehidupan, karena mereka berbuat dengan mengatasnamakan agama,” tuturnya.

Oleh karena itu, diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan pencerahan dalam menghadapi ancaman radikalisme. “Mengingat fenomena saat ini banyak yang mengkafirkan sesama muslim yang bagi mereka ini adalah jihad. Kami akan bahas bersama narsum kami,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dna/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
MUI Hingga Densus 88 Hadiri Diskusi Tertutup di Kantor PDIP, Soal Apa?