alexametrics

Wiranto Jamin Keamanan Pemilu di Papua

27 Maret 2019, 11:41:22 WIB

JawaPos.com – Adanya Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) tak akan menghentikan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Papua. Terlebih, pemerintah menjamin keamanan di bumi cenderawasih itu.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, sejak enam bulan lalu, pemerintah sudah melakukan pemetaan daerah rawan. Selama itu pula, pola pengamanan disiapkan agar penyelenggaraan Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami berusaha untuk menutup untuk mengeleminasi kerawanan itu sehingga hari H diharapkan semuanya bisa aman. Itu harapan kita dan sudah dilaksanakan,” ujarnya saat Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Rabu (27/3).

Menurutnya setiap wilayah memiliki kerawanan berbeda. Sehingga penanganannya pun harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Pola pengamanan tersebut dibuat tak terkecuali di wilayah Papua.

“Papua beda pengamanan dengan di Aceh. Aceh beda dengan di Jawa, Jawa beda dengan Banten karena kerawanannya berbeda. Ya pendek kata sudah siap keamanan, penyelenggara pemilu,” tegas Wiranto.

Sebagai informasi, tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Egianus Kagoya pada awal Maret lalu mengeluarkan ultimatum yang berisi 7 poin. Egianus menekankan bahwa kelompoknya akan terus mengobarkan api perang sampai Indonesia mengakui kemerdekaan Papua. Salah satu ancamannya, meminta warga sipil non-Papua pergi dari wilayah Nduga.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads
Wiranto Jamin Keamanan Pemilu di Papua