alexametrics

Ratna Keluhkan Rutan PMJ, Argo: Jangan Disamakan dengan Rumah Pribadi

27 Maret 2019, 01:00:29 WIB

JawaPos.com – Terdakwa kasus berita bohong Ratna Sarumpaet sempat mengeluhkan soal rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Pihak Polda Metro Jaya pun langsung bereaksi tentang pernyataan ibu dari Atiqah Hasiholan tersebut. Karena Rutan Polda sudah sesuai dengan standar dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Rutan Polda Metro itu sudah sesuai standar Kemenkumham,” kata Argo seperti dikutip Pojoksatu.id (Jawa Pos Group) di Polda Metro Jaya, Selasa (26/3).

Menurut Argo, rutan yang dihuni Ratna dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti taman dan fasilitas olahraga yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan para narapidana. “Rutan Polda Metro Jaya itu ada fasilitas olahraga, ada fasilitas untuk berkumpul, ada taman, itu ada semua,” tutur dia.

“Kira-kira ada udara nggak di situ? Ada udara untuk sirkulasi ya,” ujar Argo.

Argo menambahkan, rutan memang merupakan tempat pembinaan masyarakat yang tersandung masalah hukum. Sehingga rutan tersebut tidak bisa disamakan dengan rumah pribadi.

“Kalau kita mau disamakan dengan rumah pribadi memang tidak bisa. Yang namanya rutan semuanya kan ada fasilitas yang ditentukan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Argo, salah satu tujuan narapidana ditempatkan di rutan adalah agar mereka dapat kembali ke jalan yang benar. Sehingga segala sesuatunya ada aturannya dan harus dipatuhi.

“Memang di rutan bukan untuk pindah tidur, tapi untuk dilakukan pembinaan juga. Jadi jangan sampai para narapidana melakukan tindak pidana kembali,” pungkas Argo.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor :

Ratna Keluhkan Rutan PMJ, Argo: Jangan Disamakan dengan Rumah Pribadi