alexametrics

Viral Moge Ditendang Paspampres, Polisi Cari Identitas Para Pengendara

27 Februari 2021, 09:50:14 WIB

JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya tengah memburu sejumlah pengendara sepeda motor gede yang diduga hendak menerobos masuk Jalan Veteran III dekat Istana Negara, Jakarta. Salah satu pengemudi moge sebelumnya sempat ditendang oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena memaksa masuk jalan yang ditutup.

“Kita akan cari identitasnya. Selanjutnya kita akan klarifikasi terkait peristiwa tersebut,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dikonfirmasi, Sabtu (27/2).

Fahri menuturkan, polisi tidak melarang adanya kegiatan Sunday Morning Riding (Sunmori) seperti yang dilakukan oleh para pengendara moge tersebut. Namun, kegiatan di jalan raya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Penjelasan Paspampres Tendang Pengendara Moge karena Terobos Ring 1

“Tidak dilarang selama mengemudikan kendaraan bermotor menaati peraturan,” jelasnya.

Sebelumnya, viral sebuah video yang memperlihatkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menendang salah satu pengendara motor gede (moge) yang tergabung dalam Sunday Morning Riding (Sunmori). Saat dikonfirmasi, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto mejelaskan alasan anggotanya melakukan tindakan menendang salah satu pengendara motor lantaran menerobos Jalan Veteran III yang sedang ditutup.

“Sunmori karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yg ditutup oleh pembatas jalan (cones),” ujar Agus kepada wartawan, Jumat (26/2).

Agus mengatakan, Jalan Veteran III tersebut merupakan Ring 1 Instalasi VVIP. Sehingga menjadi tugas pokok Paspampres untuk mengamankan segala yang dinilai sebagai ancaman.

Pengendara motor tersebut terpaksa harus dilumpuhkan oleh anggota Paspampres karena penerobosan. Itu merupakan pelanggaran batas Ring 1.

Paspampres mengambil tindakan tegas tersebut karena merujuk dalam Buku Petunjuk Teknis Pam Instalasi VVIP yg disahkan oleh Keputusan Panglima TNI tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pam VVIP.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads