alexametrics

Komnas HAM: Yang Pasti, Karakternya Serupa dengan Tahanan

27 Januari 2022, 12:25:06 WIB

JawaPos.com – Terjun ke Desa Raja Tengah, Langkat, Komisioner Komnas HAM M. Choirul Anam bersama tim melihat langsung kondisi kerangkeng manusia di belakang rumah Bupati (nonaktif) Langkat Terbit Rencana Peranginangin. ”Sedang kami uji, di sini ada perbudakan modern atau tidak,” katanya kepada Jawa Pos.

Seperti apa pandangan Komnas HAM setelah melihat kondisi kerangkeng manusia di belakang rumah Terbit Rencana Perangin Angin? Apakah sesuai dengan aduan Migrant Care?

Kalau ditanya adakah perbedaan antara (aduan) yang kami dapatkan dan perkembangan saat ini (setelah cek lokasi), pasti ada perbedaan. Satu dari segi jumlah, informasi saat ini jauh lebih kaya.

Dari segi pihak yang saya mintai keterangan, jauh lebih banyak. Apakah ini tempat rehabilitasi? Atau tempat perbudakan modern?Itu sedang kami dalami. Tim akan terus bekerja untuk meminta semua informasi agar kami mendapatkan informasi yang komprehensif. Misalnya, soal pekerjaannya. Apakah informasi yang masuk ke kami relevan atau tidak, kami uji di lapangan. Kami meminta semua pihak mau bekerja sama dengan Komnas HAM.

Sepintas, seperti apa Komnas HAM melihat aktivitas penjara pribadi itu? Apakah sudah bisa dikatakan melanggar hukum?

Jika memang terdapat pelanggaran hukum, ya harus diproses secara hukum. Jika tidak terjadi pelanggaran hukum, ya harus kita hormati. Jika memang ada perlakuan yang tidak manusiawi dan sebagainya, harus diproses. Dan, jika ini soal pelayanan yang sangat minimalis dan sebagainya, ya itu harus diperbaiki. Berbagai opsi itu belum kami simpulkan karena memang kami sedang mengumpulkan fakta dan sebagainya. Komitmen Pak Kapolda (Sumut), kami didukung untuk semua informasinya. Kami juga membuat komitmen dengan masyarakat untuk mendapatkan keterangan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads