alexametrics

Polri: Anggota Banser yang Bakar Bendera HTI Tidak Punya Niat Jahat

26 Oktober 2018, 13:00:06 WIB

JawaPos.com – Aparat penegak hukum terus mendalami kasus pembakaran yang diduga sebagai bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Selain pembawa bendera tersebut, 3 orang anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pun diamankan untuk dimintai keterangan.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, bahwa tidak temukan niat jahat dari 3 orang pembakar bendera. Peristiwa ini terjadi karena respons dari Uus Sukmana membawa bendera HTI ke acara peringatan hari santri nasional.

“Karena perbuatan spontan maka tidak ada niat jahat dari anggota Banser, karena memang sudah ada larangan membawa bendera selain Merah Putih, dan sudah ada larangan menbawa bendera HTI atau ormas terlarang lainnya,” ujar Arief di Ruppataman Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (26/10).

Arief menuturkan, dalam kegiatan peringatan hari santri nasional di Limbangan, Garut, Jawa Barat, panitia pelaksana telah membuat aturan bahwa peserta hanya dibolehkan membawa atribut bendera Merah Putih. Selain itu dilarang termasuk bendera HTI atau ormas terlarang lainnya.

Aksi spontanitas anggota Banser ini juga didukung dari adegan yang termuat di video pembakaran yang tersebar di media sosial. Di situ pelaku mencari-cari korek api untuk membakar. Jika memang sudah diniatkan dari awal membakar, maka seharusnya segala peralatannya sudah disiapkan.

“Secara spontan membakar bendera itu dengan mencari-cari alat-alat bakar berupa korek. Di sini menunjukkan spontanitas sehingga dibakarlah bendera itu,” imbuh Arief.

Dari penyelidikan sementara, petugas justru mengindikasikan bahwa Uus menjadi penyebab kejadian ini terjadi. Karena jika dia tidak datang ke acara peringatan hari santri ini, atau ketika dia menghadiri tetapi tidak mengibarkan bendera HTI ini diyakini kerusuhan tersebut tidak akan terjadi.

“Saudara Uus inilah orang yang sengaja ingin menggangu kegiatan hari santri naisonal,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)

Polri: Anggota Banser yang Bakar Bendera HTI Tidak Punya Niat Jahat