alexametrics

Fayakhun Beberkan TB Hasanudin Minta Bantuan Kawal Anggaran Bakamla

26 September 2018, 14:13:13 WIB

JawaPos.com – Mantan Anggota Komisi I DPR RI Fayakhun Andriadi menyampaikan, pihaknya mendapat permintaan dari Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin untuk membantu Badan Keamanan Laut (Bakamla). Dia mengatakan bantuan itu terkait statusnya sebagai anggota Badan Anggaran DPR.

“Pak Hasanuddin menyampaikan nanti kami di Komisi I akan suport Bakamla. Fayakhun akan diminta bantu-bantu karena Fayakhun ini di anggaran,” kata Fayakhun meniru ucapan Hasanuddin dalam ruang persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/9).

Fayakhun mengatakan mendapatkan permintaan dari Hasanuddin saat Komisi I DPR melakukan kunjungan ke Kantor Bakamla pada April 2016. Dia mengatakan permintaan disampaikan Hasanuddin pada pertemuan di sebuah meja bundar di kantor Bakamla antara dirinya, Hasanuddin dan Kepala Bakamla Laksamana Madya Arie Soedewo.

Pada hadapan Arie, lanjut Fayakhun, Hasanuddin mengatakan Komisi I DPR akan mendukung Bakamla. Selain itu, kata Fayakhun, Hasanuddin juga menyampaikan akan meminta mantan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta itu untuk membantunya karena duduk sebagai anggota Badan Anggaran DPR.

“Saya kemudian menyanggupi membantu bakamla di meja bundar itu, sesuai dengan Pak Hasanuddin,” paparnya.

Dalam perkara ini, Fayakhun merupakan terdakwa dalam perkara korupsi proyek pengadaan satelit monitoring dan drone di Bakamla. Fayakhun didakwa menerima suap sebanyak USD 911.480 dari Direktur PT Merial Esa, sebagai pihak yang menggarap proyek tersebut.

Menurut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi, Fayakhun menerima uang itu sebagai imbalan atas jasanya meloloskan alokasi penambahan anggaran Bakamla dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016.

Atas perbuatannya, Fayakhun didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Editor : Kuswandi

Reporter : (rdw/JPC)

Fayakhun Beberkan TB Hasanudin Minta Bantuan Kawal Anggaran Bakamla