alexametrics

Kemenkumham Sidak Sukamiskin Paska OTT, Pemuda Muhammadiyah: Itu Drama

26 Juli 2018, 11:55:03 WIB

JawaPos.com – Operasi senyap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Sukamiskin, Bandung mengundang keprihatinan publik. Jeruji besi yang seharusnya menjadi area hukuman bagi para pelanggar pidana, malah seolah menjadi surga bagi para pelanggar hukum.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak lantas memberikan kritik pedas terhadap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Menurutnya sidak yang dilakukan di Sukamiskin usai adanya OTT layaknya seperti drama. Sebab praktik bobrok di lapas kelas 1A itu telah terjadi sejak lama.

“Tiba-tiba ada sidak (setelah OTT) itu drama, kenapa negara ini kok drama sekali,” ujar Dahnil dalam diskusi bertajuk Benarkah Indonesia Surga Koruptor? Di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (26/7).

Koruptor
Ilustrasi: Koruptor (Koko/JawaPos.com)

Dalam kasus Sukamiskin, Dahnil melihat keterlibatan tidak hanya sampai di Kalapas saja, melainkan bisa menyasar hingga pejabat-pejabat tinggi di tingkat Kemenkumham. Sehingga banyak pertanyaan besar yang diarahkan kepada pihak pemegang kekuasaan.

“Ini pertanyaan bagi Yasonna atau pejabat yang lain, benar tidak ketika orang besar banyak dan tertangkap mereka bisa lobi ke pihak yang punya kuasa agar mendapat sel yang bagus? Itu pertanyaan,” lanjut Dahnil.

“Itu (korupsi Sukamiskin) sebenernya tidak hanya sampai di Kalapas, bisa saja itu sampai ke Kemenkumham, bisa aja negonya di sana,” sambungnya.

Di sisi lain Dahnil menyarankan dalam upaya pemberantasan korupsi sebaiknya tidak hanya mengandalkan KPK. Melainkan partai politik sebagai pihak yang melahirkan calon-calon pemimpin juga harus dibenahi. Sehingga kader yang duduk di pemerintahan memiliki integritas.

“Solusinya bukan hanya memperkuat KPK, tapi membenahi parpol juga. Kalau mau memberantas korupsi jadilah Presiden, Presiden yang bisa mendorong ke berbagai sisi (untuk kemajuan bangsa),” tandasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Kemenkumham Sidak Sukamiskin Paska OTT, Pemuda Muhammadiyah: Itu Drama