alexametrics

Tiga Pejabat PLN Diperiksa KPK, jadi Saksi Sofyan Basir

26 April 2019, 12:41:26 WIB

JawaPos.com – Tiga orang pejabat PT PLN (Persero) diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Jumat (26/4). Mereka adalah Senior Manager Pengadaan IPP II PLN Mimin Insani, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kuswidharto, serta Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Ahmad Rofik.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk tersangka Sofyan Basir. Mereka akan dimintai keterangan seputar perkara dugaan penerimaan janji fee Sofyan dari bos Blackgold Natural Resources Johannes B Kotjo.

“Para saksi diperiksa untuk tersangka SFB (Sofyan Basir, Red),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (26/4).

Selama beberapa hari terakhir, KPK memeriksa sejumlah saksi untuk tersangka Sofyan, meliputi direksi PLN dan anak perusahaan PLN yang terkait dengan proyek PLTU Riau 1. Misal, Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Iwan Agung Firsantara.

Saat diperiksa, Iwan menyebut materi penyidikan tidak jauh beda dari pemeriksaan sebelumnya. Tapi, dia enggan membeberkan lebih jauh apa saja materi yang ditanyakan penyidik.

“Sama saja, seperti BAP (berita acara pemeriksaan, Red) saya, sama dengan yang dulu,” kata Iwan kepada awak media usai pemeriksaan.

Dalam persidangan Eni Maulani Saragih menyebut, Iwan berperan sebagai salah satu pihak yang turut serta menandatangani kontrak induk atau Head of Agreement (HoA) pembangunan PLTU Riau 1. Kontrak itu juga ditandatangani anggota konsorsium lainnya, yakni PLN Batubara, China Huadian Engineering Company (CHEC) dan PT Samantaka Batubara.

Selain Iwan, KPK juga memeriksa Direktur Utama PT PJB Investasi Gunawan Yudi Hariyanto. Dia juga tidak banyak berbicara terkait dugaan fee dari induk perusahaan Samantaka Batubara, Blackgold Natural Resources untuk Sofyan Basir.

“Tanya penyidik saja, semuanya sudah kami jelaskan kepada penyidik,” terangnya usai diperiksa penyidik KPK.

Selain Iwan dan Gunawan, KPK juga memanggil Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Supangkat Iwan Santoso, Direktur Operasi PJB Investasi Dwi Hartono, Plt Direktur Operasional PLN Batubara Djoko Martono dan Kepala Divisi IPP PLN Muhammad Ahsin Sidqi. Di antara saksi itu, Supangkat tidak memenuhi panggilan.

KPK memanggil sejumlah saksi untuk mendalami indikasi penerimaan hadiah atau janji untuk Sofyan dan proses sirkulasi Power Purchase Agreement (PPA).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Agus Dwi Prasetyo