JawaPos Radar

Hari Ini MA Tentukan Wakil Ketua Bidang Non Yudisial

26/04/2018, 08:05 WIB | Editor: Kuswandi
Mahkamah Agung
Mahkamah Agung (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mahkamah Agung (MA) akan menggelar pemilihan Wakil Ketua MA bidang non Yudisial yang sebelumnya diisi oleh Suwardi. Pemilihan tersebut akan dilakukan pada Kamis (26/4) sekitar pukul 09.00 WIB di Kantor MA, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Hari ini akan dilakukan pemilihan calon Wakil Ketua MA bidang non Yudisial yang sampai hari ini kosong. Besok akan ditentukan bidang non Yudisial," kata Kabiro Hukum dan Humas MA, Abdullah di Kantor MA, Jakarta Pusat, Kamis (26/4).

Menurut Abdullah, terdapat 48 hakim agung yang akan mengikuti calon pemilihan tersebut lantaran semua hakim agung berkesempatan dipilih dan memilih.

"Proses pemilihan non yudisial semua hakim agung memiliki kesempatan yang sama. Dipilih siapa pun atau memilih dirinya sendiri," ujar Abdullah.

Proses pemilihan, kata Abdullah, para peserta pemilih akan menentukan nama calon atau diri sendiri dan akan kembali dipilih masuk babak berikutnya. Proses berikutnya, kata Abdullah, para calon yang lolos bisa memilih kembali sampat mendapatkan suara calon lebih banyak.

"Akan masuk babak berikutnya nama suara akan dipilih. Tapi pilihannya siapa yang menentukan suara itu. Satu hari sampai selesai. 50 persen lebih satu," ungkap Abdullah.

Untuk diketahui pemilihan tersebut dilakukan lantaran masa jabatan Suwardi memasuki masa purnabakti 1 Juni 2017. Sejak Juni 2017 posisi wakil ketua MA non Yudisial telah lama tidak diisi.

Acara tersebut nantinya akan dihadiri oleh Ketua Komisi Yudisial, Aidul Fitriciada Azhari; Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman; para Ketua Pengadilan di Indonesia.

(ce1/rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up