alexametrics

Satu Tersangka Suap Bos PT Krakatau Steel Akhirnya Menyerahkan Diri

26 Maret 2019, 18:15:05 WIB

JawaPos.com – Kurniawan Eddy Tjokro (KET) alias Yudi Tjokro telah menyerahkan diri pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel.

“Tadi pagi hari ini (26/3) sekitar pukul 10.30 WIB tersangka KET, swasta didampingi kuasa hukumnya menyerahkan diri ke KPK,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (26/3).

Atas sikap itu, pihaknya begitu menghargai. Dia pun meminta agar yang bersangkutan bisa bersikap kooperatif dalam memberikan keterangan pada penyidik. “Semoga yang bersangkutan juga terbuka menjelaskan fakta-fakta yang ada secara jujur,” imbuh dia.

Selang 5 jam proses pemeriksaan yang dijalani olehnya. Kemudian KPK pun langsung menahannya. Febri menerangkan dia ditahan selama 20 hari kedepan.

“KET (Kurniawan Eddy Tjokro) ditahan 20 hari pertama di Rutan cab KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur,” tuturnya.

Untuk diketahui, pasca penetapan tersangka, wakil ketua KPK Saut Situmorang sempat mengimbau Kurniawan agar menyerahkan diri. Sebab, saat operasi senyap KPK belum berhasil menemukannya.

Dalam perkara ini, selain Kurniawan KPK menetapkan tiga orang lain sebagai tersangka. Mereka ialah Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel (Persero), Wisnu Kuncoro (WNU) dan pihak swasta, Alexander Muskitta, serta sebagai pemberi suap pihak swasta, Kenneth Sutardja.

Ketiga orang tersebut telah ditahan terlebih dulu pada Sabtu (23/3), pasca operasi tangkap tangan yang digelar di Jakarta dan Tangerang Selatan.
KPK menduga Alexander meminta uang senilai 10 persen dari total nilai kontrak proyek kepada PT Grand Kartech dan Group Tjokro. Adapun proyek yang bakal dilaksanakan itu bernilai Rp 24 miliar dan Rp 2,4 miliar.

Permintaan itu diduga dilakukan Alexander mewakili Wisnu. KPK menduga ada uang Rp 50 juta dari Kenneth serta USD 4 ribu dan Rp 45 juta dari Kurniawan. Dari uang yang telah diterima itu, Rp 20 juta diduga telah diserahkan Alexander kepada Wisnu.

Editor : Kuswandi

Reporter : Intan Piliang

Satu Tersangka Suap Bos PT Krakatau Steel Akhirnya Menyerahkan Diri