alexametrics

Saksi Sebut Ratna Sarumpaet Habiskan Rp 90 Juta untuk Operasi Plastik

26 Maret 2019, 11:57:39 WIB

JawaPos.com – Enam saksi yang dihadirkan dalam sidang lanjutan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (26/3). Tiga di antaranya saksi dari kepolisian dan tiga lainnya mewakili dari saksi RS Bina Estetika.

Keenam saksi tersebut itu diajukan tim jaksa penuntut umum (JPU) untuk membuka fakta-fakta persidangan. Saksi dari penyelidik Polda Metro Jaya, Kepala Unit Jatanras AKP Nico Purba membenarkan, bahwa dari proses penyelidikan dan penyidikan, Ratna Sarumpaet menghabiskan uang Rp 90 juta untuk biaya operasi wajah.

Dalam persidangan Nico menyampaikan, dirinya mendapati dokumen pembayaran, kwitansi, dan struk pembayaran debit BCA dengan tiga kali pembayaran. Nilai masing-masing transaksi berbeda-beda.

Saksi Sebut Ratna Sarumpaet Habiskan Rp 90 Juta untuk Operasi Plastik
Tersangka Ratna Sarumpaet jalani sidang kelima di PN Jakarta Selatan (Salman Toyibi/Jawa Pos)

“Kami mengecek dokumen jadwal operasi, terjadwal 21 September 2018 untuk Ratna Sarumpaet. Jadwal operasi bagian wajah. Tim penyidik mendapatkan ada tiga kali pembayaran, Rp 25 juta, Rp 25 juta, dan Rp 40 juta. Jadi, total kurang lebih Rp 90 juta,” ungkapnya saat ditanyakan oleh para jaksa penuntut umum.

Saat sidang berlangsung, bukti-bukti yang berhubungan dengan keberadaan Ratna di Rumah Sakit Bina Estetika pun ditunjukkan. Termasuk bukti transaksi yang ditemukan saat penyelidikan yang dipimpin oleh Nico.

Nico memastikan bahwa tim penyidik mendapatkan dokumen daftar pasien di RS Bina Estetika pada tanggal 20 September untuk melakukan pengobatan operasi wajah pada 21 September. Selanjutnya, pada 22 dan 23 September Ratna Sarumpaet menjalani rawat inap, dan tanggal 24 September, Ratna meninggalkan rumah sakit.

Dari dokumen barang bukti yang didapat dari pihak Rumah Sakit Bina Estetika, Ratna menjalani operasi pelastik selama empat hari.

“Ratna menjalani operasi selama empat hari. Dari tanggal 21-24 September 2018. Tanggal 20 September Ratna juga datang untuk melakukan pendaftaran,” terangnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor :

Saksi Sebut Ratna Sarumpaet Habiskan Rp 90 Juta untuk Operasi Plastik