alexametrics

Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK, Ubedilah Badrun Diperiksa 2 Jam

26 Januari 2022, 15:21:19 WIB

JawaPos.com – Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK bermaksud meminta klarifikasi terkait laporan Ubedilah atas dua anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Ubedilah mengaku dimintai keterangan oleh KPK, kurang lebih selama dua jam. Dia pun turut menambahkan bukti baru yang diserahkan ke KPK.

“Klarifikasi hampir 2 jam ya. Kami juga sekaligus membawa dokumen tambahan ya, untuk memperkuat apa yang kami sampaikan,” kata Ubedilah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/1).

Ubedilah enggan menjelaskan secara rinci terkait bukti baru yang diserahkan ke lembaga antirasuah. Dia meyakini, KPK akan independen mengusut dugaan rasuah yang diduga melibatkan dua putra Jokowi tersebut.

“Kami percaya kepada KPK untuk menjalankan amanah negara ini untuk terus menjalankan proses ini dengan cara yang seharusnya dilakukan sesuai UU, dan kami menghormati KPK. Kami percaya bahwa di republik ini ada prinsip equality before the law ya, siapapun sama kedudukannya di muka hukum dan juga kita memegang teguh azas praduga tak bersalah,” tegas Ubedilah.

Oleh karena itu, Ubedilah menyerahkan sepenuhnya pelaporan tersebut kepada KPK. “Jadi, kami percaya biarkan proses ini berlangsung sesuai seharusnya UU. Kami menghormati KPK untuk menjalankan amanah itu,” ungkap Ubedilah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: