alexametrics

KPK Fasilitasi Pemeriksaan Bupati Langkat Soal Kepemilikan Kerangkeng

26 Januari 2022, 13:17:11 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan berkoordinasi terkait kepemilikan kerangkeng manusia di halaman rumah Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin. Karena saat ini, Terbit Rencana merupakan tahanan KPK, lantaran terjerat kasus dugaan suap.

“Saat ini status Terbit Rencana Perangin Angin merupakan tahanan tim penyidik KPK. KPK siap fasilitasi kepolisian ataupun pihak Komnas HAM apabila melakukan permintaan keterangan klarifikasi atau pemeriksaan terhadap tersangka TRP dimaksud,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (26/1).

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menyampaikan, dugaan kepemilikan Bupati Langkat terkait kerangkeng manusia benar adanya. Hal ini sempat dilihat tim satuan tugas (Satgas) KPK saat hendak menangkap Terbit Rencana dalam operasi tangkap tangan (OTT).

“Karena saat itu bukan bagian dari perkara yang sedang kami lakukan penyelidikan, maka tentu kelanjutan dugaan adanya peristiwa itu dikoordinasikan dan menjadi ranah kewenangan kepolisian,” ucap Ali.

Terpisah, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengakui tim satgas KPK menemukan kerangkeng berisi beberapa orang di halaman rumah Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin saat dilakukan OTT. Orang-orang dalam kerangkeng itu mengaku sebagai pekerja di kebun sawit milik Terbit.

“Orang-orang yang di dalam itu kemudian menerangkan bahwa mereka itu adalah pekerja di kebun sawit milik Bupati Kabupaten Langkat,” ujar Ghufron.

Tim penyelidik KPK sempat kaget saat menemukan sejumlah orang di balik jeruji besi itu. Tim KPK yang bertugas lantas menanyakan identitas mereka yang dikurung di sana.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads