alexametrics

Erick Tegaskan Negara Hadir Selamatkan Nasabah Jiwasraya

26 Januari 2022, 23:40:03 WIB

JawaPos.com – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penyelesaian kasus PT Jiwasraya menjadi komitmen bagi kementeriannya dan sekaligus bukti negara hadir memberikan perlindungan kepada nasabah. Pasalnya, hal itu menyangkut kepercayaan besar terhadap industri asuransi dan dana pensiun ke depannya. Apalagi kasus serupa juga terjadi di PT Asabri.

Hal itu diungkapkan Erick Thohir dalam Kuliah Umum di Unika Atma Jaya bertajuk ‘Efektivitas Penanganan Hukum dan Ekonomi dalam Kasus Mega Korupsi : Studi Kasus Jiwasraya’, Rabu (26/1).

Menurut Erick sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulisnya, penuntasan kasus mega skandal Jiwasraya akan memberikan solusi bagi para korban. Bahkan, dia menegaskan penyelesaian asuransi Jiwasraya ini baru terjadi dibandingkan kasus-kasus lainnya.

Selain penegakan hukum yang konkrit dan tegas, negara juga hadir dalam melakukan terobosan baru untuk menyelamatkan para nasabah. Terhadap para nasabah pemegang polis dilakukan restrukturisasi polis para nasabah Jiwasraya ke IFG Life, sehingga selain penegakan hukum bagi para tersangka, negara menjamin dan memberikan layanan asuransi agar para nasabah tidak kehilangan haknya.

“99 persen (korban Jiwasraya) sudah sepakat, makannya sekarang sudah terjadi pencairan-pencairan sesuai dengan kewajiban yang disepakati,” ujarnya.

Namun, di banyak kasus solusi seperti ini justeru hanya digantung, istilahnya dihukum saja udah, tapi pemegang polis itu dirugikan. “Coba sekarang yang ditipu itu penyelesaian apa? hanya mau memenjarakan tidak selesai, nah karena itu pak Jaksa Agung untuk memberikan hukum jera dengan menyita kekayaan yang akan dibalikkan kepada negara,” kata Erick.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads