alexametrics

Saksi dari Pendemo dan Polisi, Ratna Sarumpaet: Kalau dari Jaksa Memberatkan

25 April 2019, 10:22:33 WIB

JawaPos.com – Terdakwa kasus berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet akan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/4). Dalam sidang itu akan menghadirkan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Ratna tiba di PN Jakarta Selatan sekitar pukul 08.30 WIB. Dia langsung menyapa awak media yang sudah menunggunya sejak lama. Ibu dari Atiqah Hasiholan pun memberikan keterangan sebelum sidang dimulai. “Ada saksi yang dari pendemo dan polisi,” ujarnya.

Pedemo yang memberikan keterangannya sebagai saksi itu adalah Koordinator Aksi Solidaritas Mahasiswa untuk Ratna Sarumpaet, Harjono. Dia hadir sebagai saksi pada sidang yang berlangsung Kamis (11/4).

Dalam keterangannya, Harjono mengaku sempat meyakini bahwa terdakwa kasus hoaks itu benar-benar dianiaya oleh kelompok 01. Kemudian, dia dan rekan-rekannya kemudian melakukan aksi unjuk rasa di Polda Metro Jaya. Tujuannya, menuntut kepolisian untuk mengusut tuntas kasus penganiayaan itu.

Maka itu, Ratna menilai selain pedemo dan polisi, belum ada saksi fakta lainnya yang memberikan keterangan mengarah pada dakwaan. “Saya enggak tahu (mengarah ke mana), kan saksi fakta lebih ke arah keonaran kan, yang mesti dikejar,” tuturnya.

Ratna sendiri menilai keempat ahli yang dihadirkan pada sidang lanjutan kali ini akan memberatkan hukuman yang nanti dijalaninya. “Saksi ahli dari jaksa kan, kalau dari jaksa itu memberatkan dong,” ucapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Reyn Gloria