alexametrics

6 Fakta Ahok Bebas, Dijemput Putra Hingga Tampak Serasi dengan Kekasih

25 Januari 2019, 06:15:49 WIB

JawaPos.com – Setelah menjalani masa tahanan kurang dari 2 tahun, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menghirup udara bebas pada, Kamis (24/1) kemarin. Dia ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, lantaran kasus penistaan agama.

Sejatinya Ahok sapaannya, divonis selama 2 tahun penjara. Pria kelahiran Gantong, Belitung Timur itu mulai masuk hotel prodeo pada 9 Mei 2017. Sama seperti napi lainnya, dia pun mendapatkan beberapa kali remisi, sehingga bisa bebas lebih cepat.

Berikut rangkuman fakta-fakta kebebasan Ahok yang saat ini ingin dipanggil BTP.

6 Fakta Ahok Bebas, Dijemput Putra Hingga Tampak Serasi dengan Kekasih
Infografis kebebasan Ahok (Kokoh Praba/JawaPos.com)

1. Ahok Bebas Murni Pada 24 Januari 2019

Ahok teregister sebagai tahanan Lapas Kelas I Cipinang dengan nomor 83/DU/2017. Selama menjalani masa pemidanaan, Ahok diketahui mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman sebanyak 3 bulan 15 hari.

Dengan rincian, remisi khusus Natal pada 2017 selama 15 hari. Lalu, remisi umum 17 Agustus 2018 sebanyak 2 bulan dan remisi khusus Natal 2018 sejumlah 1 bulan. Dengan pengurangan remisi tersebut total Ahok menjalani masa pemidanaan selama 1 tahun 8 bulan 15 hari.

Artinya Ahok yang mulai ditahan sejak 9 Mei 2017, bebas murni pada 24 Januari 2019. Selama menjalani masa tahanan, Ahok katanya tidak pernah menggunakan haknya sebagai narapidana. Baik itu cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersayarat, juga cuti menjelang bebas.

Ahok keluar dari Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, sekitar pukul 07.30 WIB. Meski awak media dan pendukung sudah menanti sejak dini hari, namun terkecoh dan tidak ada yang melihat Ahok keluar.

2. Ahok Dijemput oleh Putra Sulungnya 

Tak diketahui pasti kapan waktu Ahok keluar dari Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun belakangan informasi disampaikan oleh tim BTP, Ima Mahdiah.

“Bapak Basuki Tjahaja Purnama (BTP) sudah keluar dari Mako Brimob, Kelapa Dua kurang lebih pukul 07.30 WIB,” ujar staf pribadi Ahok, Ima Mahdiah, kepada wartawan, Kamis (24/1).

Katanya, Ahok dijemput putra sulungnya, Nicholas Sean dan beberapa tim BTP. Mantan Bupati Belitung Timur itu kembali je kediamannya, Jakarta Utara.

“Dijemput putra sulungnya Nicholas Sean dan perwakilan dari Tim BTP, langsung menuju kediaman,” sebut Ima.

3. Keluarga dan Kerabat Ramai-ramai Unggah Foto di Instagram

Kebebasan Ahok disambut gembira orang terdekat. Terkhusus putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama. Nicholas tampak senang ayahnya menghirup udara kebebasan.

Bahkan dia tidak mau menyia-nyiakan momen tersebut. Remaja laki-laki itu berfoto selfie bersama ayahnya. Foto tersebut lantas diunggah ke dalam akun Instagram pribadinya, @nachoseann.

Tampak wajah semringah Nicholas dan Ahok yang memakai kemeja biru kotak-kotak. Senyum mereka tampak lepas. “He’s back. My dad’s a free man! Thank you everyone for the support,” tulis Nicholas dalam akun Instagram-nya itu.

Unggahan melalui akun Instagram juga dilakukan adik Ahok, Fifi Lety Tjahaja Purnama. Kemudian sahabat Ahok, yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

4. Ahok Juga Unggah Kebebasannya di Instagram

Tim BTP pun mengunggah foto Ahok sebelum keluar Mako Brimob. Ada tiga foto yang diunggah melalui akun Instagram @basukibtp.

Foto pertama Ahok terlihat tengah menandatangani berkas di sebuah meja. Pada foto foto Ahok menunjukan surat yang telah ditandatanganinya.

Sementara pada foto ketiga, tampak Ahok menunjukkan tiga jarinya dengan bekas tinta untuk keperluan administrasi sebelum bebas.

“Proses Administrasi sebelum bebas di Mako Brimob pagi tadi. Merdeka!” tulisnya.

5. Ahok Bersama Keluarga Gelar Ibadat

Tersebar foto dan video melalui pesan singkat WhatsApp, mengenai kegiatan Ahok usai bebas dari Mako Brimob. Foto yang beredar menampilkan suasana hangat Ahok bersama keluarganya. Tidak sendiri, Ahok terlihat bersama perempuan di sampingnya yang diduga adalah Bripda Puput Nastiti Devi.

Dalam video tersebut, tampak keluarga besar Ahok mulai dari sang ibu; kakak angkatnya, Nana Riwayantie; adik kandungnya, Fifi Lety Tjahaja Purnama; dan beberapa rekan kerja yang dekat.

Staf pribadi Ahok, Natanael Oppusunggu membenarkan hal tersebut bahwa ada ibadat keluarga di kawasan Jakarta Pusat. Hal ini diketahui berlangsung tidak lama. “Iya, ibadat kebaktian keluarga. Ampun deh, ini daerah Jakarta Pusat,” ucapnya kepada JawaPos.com, Kamis (24/1).

6. Ahok Ditemani Bripda Puput

Dari beberapa foto dan video yang beredar teilihat Ahok ditemani oleh seorang perempuan yang diduga adalah Bripda Puput Nastiti Devi. Bripda Puput disebut-sebut merupakan kekasih Ahok. Bahkan keduanya dikabarkan akan segera menikah.

Dalam sebuah video, terlihat Puput sudah berada di tengah-tengah tengah keluarga Ahok saat ibadat yang dilakukan setelah Ahok keluar dari Mako Brimob. Puput yang ketika itu mengenakan kemeja biru dongker bermotif terlihat begitu ceria.

Menariknya, dalam video tersebut dalam ibadat Puput ikut menyanyikan lagu Kristen yang berjudul Allah Itu Baik. Puput menyanyikan lagu ini dengan semangat sambil memegang kertas untuk melihat lirik lagu.

“Kuperlukan.. menyatakan kebaikan, menyatakan kebaikan menyatakan kebaikan-Nya padaku,” senandung Puput dan Ahok saat bernyanyi, di Jakarta Pusat, Kamis (24/1).

Dalam video tersebut, Puput duduk di samping Ahok dan terlihat sangat serasi. Tampak pula dalam video tersebut, ibu Kandung Ahok, adik, kakak angkat, serta keluarga dan rekan-rekan dekat Ahok.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini, Reyn Gloria, Wildan Ibnu Walid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
6 Fakta Ahok Bebas, Dijemput Putra Hingga Tampak Serasi dengan Kekasih