alexametrics

Kena OTT KPK, Partainya Megawati Pecat Bupati Cirebon

24 Oktober 2018, 23:31:41 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) langsung memecat Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Rabu (24/10) malam. Hal ini sebagai konsistensi PDIP dalam isu pemberantasan korupsi.

“Sanksi pemecatan, karena itu yang berlaku di PDIP,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi, Rabu (24/10).

Hasto juga menyesalkan banyaknya kepala daerah yang masih terjaring OTT KPK. Padahal, diakui anak buah Megawati itu, pihaknya sudah melakukan berbagai cara agar kadernya yang menjadi kepala daerah tidak melakukan pelanggaran hukum.

“Kami sudah memberikan imbauan melalui surat, sanksi pemecatan kepada yang sebelum-sebelumnya sudah diberikan tanpa pandang bulu,” ujarnya.

Oleh karenanya, PDIP menilai harus ada mekanisme pencegahan yang efektif agar peraktik suap atau korupsi kepala daerah tidak terus terulang kembali.

“Proses ini selalu berulang, menimpa seluruh parpol, di seluruh lini pemerintahan. Harus dipikirkan sistem pencegahan yang efektif,” jelasnya.

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Jawa Barat, Rabu (24/10) malam. Dalam Operasi senyap itu, tim mengamankan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra.

Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut unsur kepala daerah yang ikut diamankan itu diduga melakukan transaksi jual beli jabatan. “Dugaan jual beli jabatan dan ada setoran dari pengusaha,” ujarnya saat dikonfirmasi JawaPos.com, Rabu malam (24/10).

Kendati demikian dia tak menjelaskan lebih rinci. Agus mengaku akan menerangkan lebih lengkap saat konferensi pers. “Info lengkap tunggu konpers besok,” pungkasnya.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (rdw/JPC)



Close Ads
Kena OTT KPK, Partainya Megawati Pecat Bupati Cirebon