JawaPos Radar

Sepak Terjang Idrus, dari Legislator Hingga Tersangkut Kasus Suap

24/08/2018, 14:33 WIB | Editor: Estu Suryowati
Idrus Marham, mensos, korupsi pltu
Idrus Marham mengundurkan diri dari jabatan Menteri Sosial lantaran tersandung kasus dugaan korupsi suap proyek PLTU Riau-1. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kabar mengejutkan datang dari Idrus Marham. Politikus Golkar itu mengundurkan diri dari jabatan Menteri Sosial (Mensos) di Kabinet Kerja lantaran tersandung kasus dugaan korupsi suap proyek PLTU Riau-1.

Beberapa kali diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Idrus pun mengatakan akan fokus mengikuti proses hukum. Sedikit informasi, dalam kasus ini Idrus sudah diperiksa sebanyak tiga kali sebagai saksi yakni pada 18 dan 26 Juli, serta 15 Agustus 2018.

Namun, pada saat itu dirinya mengaku tak terlibat dalam kasus yang menyeret nama Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih. Meski begitu, Idrus Marham mengaku mengenal dekat sosok Eni.

Menengok rekam jejaknya, Idrus dipercaya sebagai Mensos menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur. Ia dilantik menjadi pembantu presiden pada Januari 2018.

Sebelumnya, pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan 14 Agustus 1962 itu pernah menjadi anggota DPR periode 2009-2014. Pada Juni 2011, Idrus Marham dipercaya menduduki posisi Sekretaris Jenderal Partai Golkar mendampingi Ketua Umum Golkar saat itu Aburizal Bakrie. Posisinya di Golkar cukup kuat dan berlanjut di era kepemimpinan Serta Novanto.

Sementara di parlemen sendiri, Idrus Marham sudah menjadi anggota dewan tiga periode sejak 1999 hingga 2014. Saat menjadi legislator, ia juga pernah menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Century.

Dalam hal akademik, Doktor Ilmu Politik lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu pernah mengajar di sejumlah perguruan tinggi. Di antaranya di Universtas Islam Attahiriyah Jakarta, Universitas Tarumanegara, Universitas 17 Agustus 45 Jakarta, hingga sempat menjabat Pembantu Rektor (Purek) III di Universitas Islam Attahiriyah Jakarta selama 1987-1992.

Saat masih muda, Idrus Marham juga aktif berorganisasi, dia pernah menjadi aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII).

Sementara, kehidupan pribadinya, Idrus Marham melepas masa lajangnya pada umur 47 tahun dengan menikahi Ridro Ekasari pada 4 Juni 2009. Resepsi pernikahan dilaksanakan di Masjid Dian al Makhri, Jalan Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat yang biasa disebut Masjid Kubah Emas.

(ipp/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up