alexametrics

Para Koruptor Ini Bebas Pelesiran dan Punya Fasilitas Mewah Dalam Sel

24 Juli 2018, 15:00:26 WIB

JawaPos.com – Dipenjara tapi bebas. Begitulah ironi yang disajikan salah satu lembaga pemasyarakatan (lapas) yang dihuni para koruptor.

Ya, setelah operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat menjadi sorotan. Dengan leluasa para narapidana kasus korupsi bisa keluar-masuk lingkungan tahanan, serta mendapat fasilitas mewah dalam sel.

Tingkah mereka pun menjadi sorotan publik. Alih-alih merenung atas kesalahan yang telah diperbuat, narapidana ini justru berulah menggunakan harta kekayaan yang masih dimilikinya.

Para Koruptor Ini Bebas Pelesiran dan Punya Fasilitas Mewah Dalam Sel
Suasana di dalam Lapas Sukamiskin yang tenang dan mewah. (istimewa/JawaPos.com)

Berikut daftar narapidana kasus korupsi yang mendapat fasilitas mewah meski dikurung di penjara, dirangkum JawaPos.com, Selasa (24/7).

1. Fahmi Darmawansyah
Suami artis cantik Inneke Koesherawati itu tertangkap tangan oleh KPK karena diduga melakukan suap. Fahmi diduga memberikan sebuah mobil mewah kepada Kalapas Sukamiskin, Wahid Husein.

Hal itu dilakukan Fahmi agar dia mendapatkan fasilitas khusus di dalam sel atau kamar tahanannya. Bahkan, Fahmi diberikan kekhususan untuk mudah keluar-masuk lapas.

2. Anggoro Widjojo
Terpidana kasus pemberian suap terkait proyek Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) di Kementerian Kehutanan, Anggoro Widjojo, terpaksa harus dipindahkan dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, ke Lapas Gunung Sindur.

Pemindahan ini dilakukan menyusul pemberitaan media yang melaporkan Anggoro berkali-kali kedapatan berada di luar Lapas Sukamiskin, Bandung. Dia dapat keluar lapas dengan izin ke rumah sakit. Namun sebenarnya, ia pergi ke sebuah apartemen di Kecamatan Cibeunying Kidul.

Mantan Direktur PT Masaro Radiokom ini divonis lima tahun penjara dengan denda Rp 250 juta subsider dua bulan kurungan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada Juli 2014.

3. Rachmat Yasin
Mantan Bupati Bogor, Jawa Barat Rachmat Yasin merupakan narapidana kasus suap tukar-menukar lahan yang divonis 5 tahun 6 bulan penjara oleh majelis hakim. Mantan poitikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pun pernah ketahuan pelesiran meninggalkan selnya di Sukamiskin menuju rumahnya di Kompleks Panorama Alam Parahyangan, Blok C Nomor 2.

Rachmat diduga leluasa keluar-masuk lapas pada 2016 lalu. Namun, hingga saat ini dia masih mendekam di Lapas Sukamiskin.

4. M. Nazaruddin
Terpidana korupsi kasus Wisma Atlet dan pencucian uang ini pun sempat keluar dari Lapas Sukamiskin untuk mengunjungi rumahnya di Griya Caraka, Blok AA1 Nomor 09, Cingised, serta Rumah Sakit Santosa.

Ada dugaan bahwa rumah sakit itu terdapat apartemen yang bisa digunakan narapidana untuk bertemu dengan keluarga dan koleganya. Mantan politikus Partai Demokrat itu divonis 7 tahun penjara untuk kasus suap dan 6 tahun penjara untuk kasus pencucian uang.

5. Gayus Tambunan
Terpidana kasus korupsi serta suap mafia pajak ini ketahuan asyik nonton pertandingan tenis Commonwealth World Championship pada 5 November 2010 di Bali. Saat itu, Gayus tampil sebagai pria berwig dengan rambut agak panjang, berkacamata, dan mengenakan jaket hitam.

Tak hanya itu, Gayus juga tercatat bepergian ke Macau pada 22-24 September 2010. Sementara itu, pada 30 September 2010 hingga 2 Oktober 2010, Gayus pergi ke Kuala Lumpur, Malaysia, dan Singapura dengan paspor atas nama Sony Laksono.

Mantan pegawai pajak ini pun banyak tingkah, melalui foto yang beredar ia sedang makan di sebuah Restoran Manado di kawasan Jakarta. Foto itu diambil usai Gayus menghadiri sidang perceraian dengan istrinya, Milana, pada 9 September 2015. Dia diduga merayu pengawal agar bisa mampir makan ke restoran tersebut.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/rdw/JPC)

Para Koruptor Ini Bebas Pelesiran dan Punya Fasilitas Mewah Dalam Sel