alexametrics

Ungkap Penyalahgunaan BBM Subsidi, Kabareskrim: Kasus Terbesar 2022

24 Mei 2022, 18:44:44 WIB

JawaPos.com – Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri mengungkap kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Polri mencatat kasus ini merupakan yang terbesar terjadi sepanjang 2022.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, penyidik menetapkan 12 orang tersangka dalam kasus ini. Dengan kasus ini, maka sudah ada 230 kasus pemyalahgunaan BBM dan LPG bersubsidi sepanjang 2022. Dari jumlah tersebut ada 335 tersangka yang berhasil ditangkap.

“Kasus yang digelar ini terungkap pada 18 Mei 2022 lalu dan merupakan yang terbesar sepanjang tahun 2022. Petugas berhasil mengamankan sejumlah pelaku di beberapa wilayah Kabupaten Pati,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (24/5).

TKP pertama yang berhasil diungkap berada di sebuah gudang di jalan Pati-Gembong, Kelurahan Muktiharjo, Kecamatan Margorejo. Selanjutnya dari hasil pengembangan terungkap TKP kedua yang berada di gudang Jalan Juwana-Pucakwangi, Desa Dukuhmulyo, Kecamatan Jakenan.

Petugas selanjutnya juga mengamankan rombongan mobil heli (pengangkut BBM yang dimodifikasi). Penangkapan dilakukan di TKP Jalan Juwana Puncakwangi, Desa Dukuhmulyo.

Masing-masing dari 12 tersangka yang ditangkap,  memiliki peran berbeda. Mulai dari pemilik modal sampai dengan pengangkut BBM jenis solar bersubsidi tersebut.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads