alexametrics

TPNPB Klaim Tembak Pesawat TNI-AU

24 Maret 2020, 17:10:24 WIB

JawaPos.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengaku bertanggung jawab atas penembakan pesawat milik TNI-AU. Mereka menyebutkan, penembakan itu dilakukan lantaran sudah dua hari TNI mengedrop pasukan ke Oksibil dari Jayapura dalam jumlah besar.

’’Ini adalah laporan langsung dari Markas TPNPB Ngalum Kupel. Di mana mereka laporkan kepada Manajemen Markas Pusat TPNPB melalui komunikasi dengan menggunakan handphone satelit,’’ kata Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos kemarin (23/3).

Pesawat CASA CN bernomor lambung A-2909 milik TNI-AU ditembak di atas Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (23/3) sekitar pukul 08.50 WIT. Tembakan tersebut membuat lima lumbung bekas tembakan terlihat di bagian sayap kanan pesawat.

Pesawat ditembak saat berada di ketinggian 4.800 kaki di atas Distrik Serambakon saat hendak mendarat di Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Komandan Pangkalan Udara TNI-AU (Danlanud) Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso menegaskan, pesawat yang ditembak itu mengangkut logistik untuk kebutuhan pembangunan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang. ’’Kami terbang atas permintaan bupati. Mengangkut sembako dan alat bangunan,’’ beber Bowo.

Meski sempat ditembaki, semua barang yang diangkut pesawat tersebut telah diturunkan. Sementara itu, jelas Bowo, bagian-bagian pesawat yang tertembak mulai badan pesawat, pintu, bagian sayap, sampai roda depan.

’’Untungnya, peluru tidak sampai menyebabkan kerusakan berat. Sehingga pesawat bisa cepat diperbaiki dan kembali diterbangkan ke Pangkalan Udara TNI-AU Silas Papare,’’ katanya.

Versi TPNPB, penembakan terhadap pesawat milik TNI-AU tersebut dilakukan TPNPB Daerah Pertahanan Ngalum Kupel Lamek Alipky Tablo dan pasukan. Pesawat, menurut dia, ditembaki saat melewati daerah Markas Pertahanan TPNPB di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fia/nat/syn/c19/ttg



Close Ads