alexametrics

KPK Dalami Perjanjian Kontrak Kerja Sama Antam dengan Swasta

24 Februari 2022, 11:47:45 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami perjanjian kerja sama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk dengan pihak swasta. Pendalaman ini dilakukan KPK, lantaran tengah mengusut kasus dugaan korupsi terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara Antam dan PT Loco Montrado.

“Vhalenthio Chandra (Swasta), yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait adanya perjanjian kontrak kerja sama antara perusahaan saksi dengan PT AT (Aneka Tambang) Tbk,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (24/2).

Sementara itu, Quality Internal Audit and Development Program Specialist di Internal Audit Antam Ade Prasetyo dicecar tim penyidik KPK, terkait proses dan pencadangan pengolahan anoda logam. “Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses dan mekanisme dilakukanya pencadangan produk milik PT AT (Aneka Tambang) Tbk,” tegas Ali.

Kasus ini sudah masuk ke tahap penyidikan. Salah satu pihak Direktur PT Loco Montrado, Siman Bahar menang gugatan praperadilan atas penetapan tersangka dalam kasus ini. Diduga Siman Bahar, telah menyandang status tersangka saat KPK menaikkan kasus ini ke tahap penyidikan.

KPK memastikan masih menyelidiki dugaan rasuah kerja sama pengolahan anoda logam antara Antam dan PT Loco Montrado pada 2017.

“Tidak berarti kasus itu akan selesai di situ, karena kasus yang satu lagi sebagai PN-nya (penyelenggara negara) dari perkara ini,” tegas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Jakarta, Kamis, (27/1).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads