alexametrics

Kapolri: Polisi Fokus Buru 3 DPO Kelompok Teroris MIT

24 Januari 2022, 16:57:21 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan pada 2021 tercatat pihaknya telah melakukan penegakan hukum terhadap tujuh DPO anggota kelompok terorisme Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Dari penegakan hukum tersebut didapatkan barang bukti berupa 7 pucuk senjata api, 43 detonator, 722 amunisi dan tujuh botol bahan peledak.

“Mereka sudah bertahun-tahun dikejar yaitu kelompok Ali Kalora dan kelompok Katar,” ujar Sigit dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1).

Mantan Kapolda Banten tersebut mengatakan, saat ini masih tersisa tiga DPO dari kelompok MIT tersebut. Sehingga Tim Mandago Raya akan berkonsentrasi membekuk tiga orang tersebut.

“Saat ini masih tersisa tiga DPO, karena satu orang di antaranya pada 4 Januari yang lalu telah berhasil dilakukan penegakan hukum yaitu Ahmad Gazali,” katanya.

Sigit berujar, Tim Mandago Raya telah melakukan upaya pencegahan terorisme dengan menekan pertumbuhan atau semakin meluasanya kelompok teroris MIT ini.

“Jadi, upaya soft approach untuk mencegah kembali munculnya para simpatisan dan melakukan kegiatan-kegiatan upaya moderasi beragama,” ungkapnya.

Selain itu, Sigit membeberkan selama 2021 ini telah terjadi jumlah penurunan teror di Indonesia jika dibandingkan dengan tahun 2020.

“Penurunan itu disebabkan karena upaya penerapan preventif yang dilakukan oleh Densus 88 sehingga 370-an tersangka teroris berhasil ditangkap sebelum melakukan aksi teror,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads