alexametrics

Berkas Dilimpahkan, Eks Menpora Imam Nahrawi Segera Jalani Persidangan

24 Januari 2020, 20:33:08 WIB

JawaPos.com – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan segera menjalani proses persidangan terkait kasus penyaluran pembiayaan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI Tahun Anggaran 2018. Hal ini dilakukan setelah penyidik KPK menyelesaikan berkas perkas politikus PKB itu.

“Penyidik hari ini telah menyerahkan tersangka dan barang bukti perkara IMR kepada JPU,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/1).

Ali menyampaikan, jaksa penuntut umum mempunyai waktu 14 hari untuk menyusun dakwaan Imam Nahrawi. Rencananya persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

“JPU akan menyusun surat dakwaan dan dalam batas waktu 14 hari kerja, segera melimpahkan berkas perkara ke PN Tipikor Jakarta Pusat,” ucap Ali.

Untuk menyelesaikan berkas penyidikan Imam, lanjut Ali, penyidik telah memeriksa sedikitnya 44 orang saksi dari berbagai pihak. Hal ini sejalan dengan penetapan tersangka yang juga sebelumnya telah menjerat Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy, Bendahara Umum KONI Johnny E Awuy hingga Deputi IV Kemenpora, Mulyana.

Sementara itu, Imam pun mengaku bahwa berkasnya telah dilimpahkan ke Pengadilan. Dia pun mengharapkan agar publik turut mendoakannya.

“Doakan supaya semua lancar ya,” pungkas Imam.

Dalam perkara ini, Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora untuk KONI tahun anggaran 2018. Imam ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan asisten pribadinya, Miftahul Ulum.

Imam diduga menerima suap dan gratifikasi sejumlah Rp26,5 miliar. Uang tersebut disinyalir diterima Imam dalam dua kali tahapan. Imam menerima uang pada medio 2014-2018 melalui Miftahul Ulum senilai Rp14,7 miliar dan kedua pada kisaran tahun 2016-2018 sejumlah Rp11,8 miliar.

Penetapan tersangka terhadap Imam Nahrawi dan Miftahul Ulum merupakan pengembangan perkara terkait kasus dugaan suap penyaluran dana hibah pemerintah untuk KONI lewat Kemenpora.

Imam dan Ulum disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 12 huruf B atau Pasal 11 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads