alexametrics

Mantu Hendropriyono Jadi KSAD, Imparsial: Netralitas TNI Dipertaruhkan

23 November 2018, 16:18:01 WIB

JawaPos.com – Pengangkatan Jenderal (TNI) Andika Perkasa menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menjadi sorotan elemen masyarakat sipil. Sebab, diangkatnya menantu mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendroprioyono itu dinilai untuk mengamankan politik elektoral Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

Wakil Direktur Imparsial, Gufron menyesali pengangkatan Jenderal (TNI) Andika Perkasa sebagai pimpinan tertinggi TNI AD. Peneliti militer ini menilai, Jokowi hanya mementingkan kepentingan jangka pendek untuk menguatkan elektoral politik.

“Kenapa kami sayangkan, padahal seharusnya presiden mencermati pandangan publik terkait dengan track record yang muncul di ruang publik,” kata Gufron di kantor KontraS, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (23/11).

Gufron menuturkan, seharusnya proses pergantian KSAD lebih mengedepankan pada pertimbangan dimensi profesionalisme dan kompetensi ketimbang pertimbangan politis semata. Namun pergantian KSAD yang baru kemarin dilantik lebih mengedepankan pertimbangan politik.

“Di sini persoalan netralitas TNI menjadi dipertaruhkan dalam konteks menghadapi Pemilu 2019,” ucap Gufron.

Gufron juga tak mengelak, bahwa terpilihnya prajurit militer angkatan 1987 ini karena Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) besutan Hendropriyono itu mendukung Jokowi pada Pemilu 2019.

“Tentu saja terpilihnya KSAD yang baru, Pak Andika menjadi sesuatu pertanyaan, tidak hanya mengancam profesionalitas TNI, tapi juga membuka ruang politik elektoral. Karena pertimbangan politik elektoral, kerabat yang ada di sekitar istana,” pungkasnya.

Sebelumnya, Jenderal (TNI) Andika Perkasa resmi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Jumat (23/11). Andika menjawab isu soal adanya peran mantan Kepala BIN Hendropriyono dibalik penunjukannya sebagai KSAD.

“Itu tadi monggo, mau ngomong apa juga, saya gini, dari dulu juga gini. Nggak ada yang saya komentar lagi, terserah,” ujar Andika seusai pelantikan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Editor : Kuswandi

Reporter : (rdw/JPC)


Close Ads
Mantu Hendropriyono Jadi KSAD, Imparsial: Netralitas TNI Dipertaruhkan