alexametrics

Imigrasi Sita Paspor Istri Novanto Usai Terima Surat dari KPK

23 November 2017, 20:49:53 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Imigrasi telah menerima surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pencegahan Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR Setya Novanto. Adapun surat tersebut dikirimkan pada Selasa (21/11).

“Ya jadi tanggal 21 November telah diterima oleh Direktorat Jenderal Imigrasi surat pencegahan atas nama Ibu Deisti Astriani Tagor untuk dilakukan pencegahan pemberangkatan ke luar negeri,” ujar Humas Dirjen Imigrasi Agung Sampurno saat menghubungi JawaPos.com, Kamis (23/11).

Adapun alasan pencegahan yang diminta KPK lantaran Deisti tengah menjadi saksi dalam proses penyidikan tindak pidana korupsi e-KTP. Setidaknya ada dua surat yang diterima Imigrasi dari KPK.

Yakni surat keputusan dan surat permohonan pencegagan yang biasanya menjadi satu paket. “Sejak kedua surat itu diterima, kami melakukan pencegahan dengan memasukkan nama ke dalam sistem. Jadi terecord sejak tanggal 21, yang bersangkutan dilarang melakukan perjalanan untuk bepergian ke luar negeri,” jelasnya.

Pencegahan, jata Agung dilakukan selama enam bulan ke depan sejak surat tersebut diterima pihaknya. Pencegahan itu pun telah disampaikan langsung kepada Deisti.

“Sesuai prosedur, Dirjen Imigrasi menerbitkan surat penberitahuan kepada yang bersangkutan bahwa yang bersangkutan masuk daftar cekal, tidak boleh bepergian ke luar negeri dan akan dilakukan penarikan paspor sementara,” pungkas Agung.

Sekedar informasi, nama Deisti sebagai pemilik PT Mondialindo Graha Perdana mencuat saat Novanto hadir sebagai saksi di persidangan terdakwa korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Jumat 3 November 2017.

Saat itu, Novanto dicecar soal kepemilikan saham Deisti dan anaknya Reza Herwindo di PT Mondialindo Graha Perdana.

Jaksa KPK menyebut istri dan anak Ketua Umum Partai Golkar itu masing-masing memiliki 50 persen dan 80 persen saham PT Mondialindo Graha Perdana. Perusahaan itu diketahui juga menjadi pemegang saham PT Murakabi Sejahtera, salah satu peserta tender proyek e-KTP.

Novanto pun mengakui juga pernah menjadi Komisaris di PT Mondialindo Graha Perdana pada 2000-2002. Namun, dia mengatakan tak tahu jika ada nama istri dan anaknya di perusahaan tersebut.

Editor : admin

Reporter : (dna/JPC)

Imigrasi Sita Paspor Istri Novanto Usai Terima Surat dari KPK