alexametrics

Ada Fasilitas Mewah di Lapas Sukamiskin, Ini Kata Menkumham Era SBY

23 Juli 2018, 11:00:32 WIB

JawaPos.com – ‎Lapas Sukamismin tiba-tiba menjadi sorotan publik setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan OTT terhadap Kepala Lapas Wahid Husein.
Pasalnya, usai OTT tersebut ditemukan segudang fasilitas bagi para narapidana di lapas yang terletak di Bandung, Jawa Barat itu. Misalnya televisi, AC, kulkas, spring bed dan beberapa fasilitas lainnya.

Mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin mengatakan, di era kepemimpinannya, dirinya tidak pernah menemukan adanya fasilitas ‎yang membuat heboh masyarakat ini.

“Tetapi di era saya, seinggat saya‎ tidak menemukan hal serupa,” ujar Amir kepada JawaPos.com, Senin (23/7).

Politikus Partai Demokrat ini juga mengaku beberapa kali melakukan sidak ke Lapas Sukamiskin. Namun, dia tidak pernah menemukan narapidana yang mendapatkan perlakuan istimewa.

“Tetapi saya sendiri beberapa kali melakukan sidak ke sana, dan kondisi serupa itu tidak pernah saya alami,” katanya.

Amir juga enggan berkomentar lebih jauh mengenai adanya fasilitas mewah yang ditemukan di era Menkumham Yasonna H Laoly ini. Pasalnya menurut Amir dirinya pernah menjadi bagian pemerintah, sehingga tidak etis mengomentari kondisi yang terjadi saat ini.

“Kalau saya sebaiknya jangan berkomentar menilai keadaan sekarang, karena saya mantan pejabat sebelumnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan empat tersangka suap pemberian fasilitas, pemberian perizinan ataupun pemberian lainnya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Sukamiskin Bandung.

Mereka yakni Kalapas Sukamiskin Wahid Husein (WH), Hendry Saputra (HND) – staf Wahid Husein, narapidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah (FD), serta Andri Rahmat (AR) – narapidana kasus pidana umum/tahanan pendamping (tamping) dari Fahmi Darmawansyah.

Wahid Husein dan Hendry Saputra diduga sebagai penerima. Sedangkan Fahmi Darmawansyah dan Andri Rahmat diduga sebagai pemberi.

KPK menduga Kalapas Sukamiskin menerima pemberian berupa uang dan dua mobil dalam jabatannya sebagai Kalapas Sukamiskin sejak Maret 2018 terkait pemberian fasilitas, izin, luar biasa dan lainnya yang tidak seharusnya kepada narapidana tertentu.

Dalam konferensi pers, KPK menampilkan video yang menunjukkan salah satu sel atau kamar di Lapas Sukamiskin dari terpidana korupsi Fahmi Darmawansyah – suami dari artis Inneke Koesherawati.

Dalam kamar Fahmi terlihat berbagai fasilitas seperti pendingin ruangan (AC), televisi, rak buku, lemari, wastafel, kamar mandi lengkap dengan toilet duduk dan water heater, kulkas dan spring bed.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (gwn/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ada Fasilitas Mewah di Lapas Sukamiskin, Ini Kata Menkumham Era SBY