alexametrics

Sidang Kasus Pengeroyokan, Pengacara Putra Siregar Minta Pembuktian

23 Juni 2022, 18:39:56 WIB

JawaPos.com – Sidang perdana kasus pengeroyokan dengan terdakwa Putra Siregar dan Rico Valentino digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (23/6). Keduanya didakwa melanggar Pasal 170 ayat 1 juncto Pasal 351 ayat 1 KUHP, jo Pasal 55 KUHP.

Putra Siregar dan kuasa hukumnya menerima dakwaan yang telah dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dengan alasan, materi dakwaan yang dibuat Jaksa sudah sangat cermat penuh kehati-hatian.

“Secara administratif formal penyusunan surat dakwaan sudah dilakukan Jaksa secara cermat, lengkap, dan jelas. Sehingga kami tidak akan melakukan eksepsi,” kata kuasa hukum Putra Siregar, Nur Wafiq Warodat, di PN Jakarta Selatan, Kamis (23/6).

Meskipun tidak mengajukan eksepsi, bukan berarti pihak Putra Siregar sependapat dengan materi dakwaan. Sang pengacara menyebut ada hal yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Namun hal itu nantinya akan diuji di persidangan.

“Kami memohon untuk langsung dilakukan pembuktian untuk membuktikan terbukti atau tidaknya dakwaan material,” tuturnya.

Salah satu yang masih menjadi tanda tanya pihak Putra Siregar adalah terkait bengkaknya bibir korban sebelah kanan. Apakah luka tersebut benar dilakukan oleh Putra Siregar atau tidak, pengacaranya menyatakan masih akan diuji dalam sidang pokok perkara nanti.

“Kami tidak ingin mendahului proses persidangan, kita lihat di pengujian, kita belum mendapatkan akses hasil visum,” katanya

Dalam sidang dakwaan, Jaksa Penuntut Umum menyatakan bahwa Putra Siregar dan Rico Valentino melakukan penganiayaan dan pengeroyokan terhadap korban bernama Alamsyah yang mengakibatkan korban mengalami luka bengkak pada bagian bibir.

Kejadian itu terjadi di sebuah kafe di bilangan Jakarta Selatan pada Rabu, 2 Maret 2022. Dipicu oleh kehadiran Chandrika Chika ke meja korban. Di sana terjadi kesalah pahaman membuat Rico menarik tangan Chika yang kemudian diprotes korban hingga terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

“Trdakwa I Putra Siregar bersama terdakwa II Rico Valentino menggunakan kekerasan pada orang atau barang,” kata Jaksa di hadapan majelis hakim PN Jakarta Selatan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads