alexametrics

KKSB Bunuh Seorang Tenaga Medis Asal Papua saat Sosialisasikan Covid19

23 Mei 2020, 14:14:23 WIB

JawaPos.com – Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) melakukan penganiayaan terhadap dua orang masyarakat asli Papua. Keduanya yakni merupakan tenaga medis Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Intan Jaya, Papua.

“Saudara Ale Melik Bogau, Kepala Puskesmas Kampung Wandai mengalami luka sabetan parang, kondisi masih hidup. Sedangkan, saudara Heniko Somau, pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Intan Jaya mengalami luka sabetan parang sehingga meninggal dunia,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto dalam keterangannya, Sabtu (23/5).

Eko menyampaikan, kedua korban merupakan Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Intan Jaya yang ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Intan Jaya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar Wilayah Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya tentang bahayanya Covid-19.

“Dugaan sementara motif penganiayaan adalah karena kelompok Separatis menganggap kedua korban adalah sebagai mata-mata aparat TNI/Polri,” ujar Eko.

Langkah-langkah yang diambil aparat keamanan Gabungan TNI/Polri, kata Eko, memberikan penekanan kepada seluruh jajaran satuan di wilayah agar meningkatkan kewaspadaan dan selanjutnya membantu mengevakuasi korban penganiayaan ke Rumah Sakit terdekat.

“Kondisi keamanan Kampung Wandai Distrik Homeo dapat terkendali, aparat gabungan TNI/Polri masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku penganiayaan,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyayangkan kejadian tersebut. Menurutnya, kedua korban ini merupakan tenaga medis yang mempunyai tugas mulia untuk membantu masyarakat dalam bidang kesehatan.

Apalagi sekarang ini pemerintah sedang menghadapi pandemi Covid-19. Sehingga perlu penanganan yang cepat dan tepat. Tetapi semua itu terhambat oleh kejadian penembakan yang dilakukan oleh KKSB.

“Saat ini korban atas nama Alemanek Bagau telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Nabire dan korban yang meninggal dunia sementara masih menunggu kesepakatan pihak keluarga untuk dimakamkan di Sugapa Kabupaten Intan Jaya,” tutur dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads