JawaPos Radar

Tangkap Bupati Buton Selatan, KPK Amankan Duit Rp 400 Juta

23/05/2018, 21:22 WIB | Editor: Kuswandi
Penyidik KPK
Penyidik KPK saat sedang melakukan penggeledahan di kantor firma hukum Fredrich Yunadi (Teguh/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah membenarkan perihal adanya penangkapan terhadap Bupati Buton Selatan AFH. Selain AFH, menurut Febri, ada juga pihak lain yang turut diamankan di bulan Ramadan ini.

"Sekitar 10 orang diamankan termasuk Bupati, PNS, konsultan lembaga survei dan pihak swasta," ungkapnya pada awak media, Rabu (23/5).

Selain menangkap sang bupati, dalam operasi senyap tersebut, turut juga diamankan sejumlah barang bukti dugaan uang suap senilai ratusan juta.

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

"Tim menduga telah terjadi transaksi dan mengamankan uang sekitar Rp 400 juta. Diduga terkait proyek di daerah setempat," ujarnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah. Kali ini, tim penindakan KPK dikabarkan menangkap Bupati Buton Selatan berinisial AFH.

Selain AFH, Tim juga berhasil menciduk beberapa pihak lain yang diduga turut terlibat dalam perkara dugaan suap menyuap tersebut.

Perihal adanya kabar penangkapan AFH Ketua KPK Agus Rahardjo telah membenarkanya."Betul, tunggu konpers (konferensi pers) besok," ujar Agus saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/5).

Kendati demikian, dia tak bersedia menjelaskan secara detail perihal OTT tersebut. Hingga saat ini para pihak yang diamankan tengah menjalani proses pemeriksaan dalam waktu 1x24 jam guna ditentukan status hukumnya, sehingga belum diketahui apa motif dan apa saja barang bukti yang diamankan tim dalam operasi senyap tersebut.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up