alexametrics

Pasca Pemilu 2019, Ratusan Brimob dari Luar Daerah Dikirim Untuk Jaga Jakarta

23 April 2019, 01:50:27 WIB

JawaPos.com – Ratusan Brigade Mobile (Brimob) di sejumlah daerah dikirim ke Jakarta. Hari ini, kedapatan Brimob dari Polda Maluku dan Kalimantan Barat yang sudah tiba di ibu kota. Hal ini dilakukan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban usai Pemilu 2019.

Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan ratusan pasukan Brimob diperbantukan ke Jakarta dalam rangka antisipasi.

“Ya dalam rangka mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan pam (pengamanan) giat-giat masyarakat lainnya,” kata Dedi kepada JawaPos.com, Senin (22/4).

Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang diantisipasi katanya masih dalam rangkaian Pemilu 2019. “Antisipasi segala potensi kerawanan yang dapat saja terjadi karena rangkaian akhir pemilu kan di Jakarta,” tukas Dedi.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa mengaku mengirim 2 SKK pasukan Brimob melalui Bandara Internasional Pattimura Ambon, Senin (22/4). “Oh iya betul, kami bantu ke sana jaga Jakarta. Kami ada kirim dua SSK Brimob untuk menjaga ibu kota, intuk antisipasi saja,” kata dia di Ambon.

Royke menyebut, ratusan personel brimob Polda Maluku yang dikirim ke Jakarta itu merupakan personel terbaik dan dianggap mampu bekerja untuk membantu keamanan di Ibu Kota Negara.

Sedangkan, Kabid Humas Polda Kalimantan Barat AKBP Donny Charles Go membenarkan pihaknya mengirim sebanyak 100 personel Brimob ke Jakarta. Mereka diberangkatkan sejak 19 April 2019 lalu.

“Iya, benar (ada pengiriman personel Brimob Polda Kalbar ke Jakarta),” kata Donny saat dikonfirmasi.

Kini personel bantuan itu disiagakan di kawasan Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara, dengan rincian 30 personel di sekitar WTC Mangga Dua, 40 personel di sekitar ITC Mangga Dua dan 30 personel di Pasar Pagi Mangga Dua.

Para personel dibekali 96 senjata AK 101, 5 senjata HS serta 100 set alat penanggulangan huru-hara. Belum diketahui pasti berapa lama 1 SKK Brimob itu disiagakan. “Saat ini personel Brimob standby,” sebut Donny.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads