alexametrics

Polri Tindak Tegas 41 Kasus Hoaks Terkait Covid-19

23 Maret 2020, 15:14:37 WIB

JawaPos.com – Institusi Polri hingga kini telah menindak 41 kasus terkait penyebaran informasi bohong atau hoaks mengenai virus korona atau Covid-19. Sebab, informasi hoaks dapat berdampak negatif dan membuat gaduh masyarakat.

“Sampai saat ini sudah ada 41 kasus hoaks virus corona yang kita proses (penyidikan),” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (23/3).

Iqbal menyampaikan, jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, hingga kini melakukan patroli siber untuk menangkap para pelaku penyebar berita hoaks di media sosial maupun melalui aplikasi pesan WhatsApp. Hal ini diharapkan agar masyarakat tidak mendapat informasi bohong di tengah mewabahnya Covid-19.

“Kita bekerja 24 jam penuh melakukan patroli siber, bergerak semua mulai dari Mabes Polri, polda, polres hingga polsek,” ujar Iqbal.

Oleh karena itu, Iqbal pun mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial terkait virus korona. Terlebih, diharapkan tidak mudah membagikan artikel yang tidak dapat dipertanggung jawabkan di media sosial.

“Seluruh masyarakat jangan telan mentah-mentah informasi di media sosial, saring dulu sebelum share. Apalagi ini kan tentang corona, berkaitan dengan jiwaraga,” pungkas Iqbal.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads