alexametrics

Diciduk KPK, Segini Harta Kekayaan Direktur Krakatau Steel

23 Maret 2019, 18:57:08 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan enam pihak dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar pada Jumat (22/3). Salah seorang yang diciduk dalam OTT itu yakni Direktur Produksi dan Riset Teknologi PT Krakatau Steel Wisnu Kuncoro.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaidtan menyatakan, timnya mendapatkan informasi dari masyarakat. Informasi itu berupa adanya transaksi atau rencana pemberian uang dari pihak swasta yang pernah atau berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN. Uang itu diberikan kepada Direktur yang ditangkap KPK.

“Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan. Transaksi dalam bentuk rupiah dan dolar,” papar Basaria.

Berdasarkan data yang diakses di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/ terungkap harta kekayaan yang dilaporkan oleh Wisnu terakhir pada 1 Desember 2014 yakni senilai Rp 5,96 miliar atau setara dengan USD 51, 764. Saat itu, dia melaporkan LHKPN ketika menjabat sebagai Direktur Utama PT Krakatau Industrial Estate Cirebon.

Berdasarkan data itu juga terungkap, dia memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan sejumlah 7 bidang tanah yang berlokasi di Surakarta, Cilegon, Tangerang, Bandung, danJakarta Selatan senilai Rp 3,89 miliar.

Sementara itu, untuk harta bergerak berbentuk transportasi, dia melaporkan memiliki dua buah kendaraan roda empat dengan nilai Rp 270 juta. Adapun, perinciannya untuk mobil yakni dua buah Toyota Kijang Innova dan Toyota Yaris.

Selain itu, dia juga memiliki harta bergerak lainnya yakni berbentuk logam mulia senilai Rp 460 juta. Kemudian, Wisnu mempunyai surat berharga tahun 2008, 2006, 2014, dan 2013 senilai Rp 357 juta.

Data tersebut juga mengungkap, ada giro setara kas senilai Rp 1,31 miliar. Di sisi lain, dia memiliki utang berbentuk pinjaman uang dan kartu kredit senilai Rp 340 juta.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Intan Piliang



Close Ads
Diciduk KPK, Segini Harta Kekayaan Direktur Krakatau Steel