alexametrics

Besok, Ahok Hirup Udara Bebas Dari Mako Brimob

23 Januari 2019, 14:41:05 WIB

JawaPos.com – Terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bakal menghirup udara bebas, Kamis (24/1) besok. Tepatnya, dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Andika Dwi Prasetya mengatakan, Ahok memang warga binaannya, teregister dengan nomor 83/DU/2017. Namun, sejak putusan pengadilan menjatuhkan vonis selama 2 tahun penjara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menghabiskan masa hukumannya di Rutan Mako Brimob karena alasan tertentu.

Karena itu, dia akan dibebaskan dari Rutan Mako Brimob bukan dari Lapas Kelas I Cipinang. “Insyaallah akan dibebaskan di lokasi Mako Brimob Kelapa Dua. Karena dia menjalani pemidanaan di sana. Dia tetap kami bebaskan di sana. Tidak disini,” ujar Andika kepada JawaPos.com, Rabu (23/1).

Besok, Ahok Hirup Udara Bebas Dari Mako Brimob
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan bebas dari penjara Rutan Mako Brimob (Dok JawaPos.com)

Sementara itu, dia menjelaskan bahwa selama menjalani masa pemidanaan, Ahok mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman sebanyak 3 bulan 15 hari. Dengan rincian, dia mendapat remisi khusus Natal pada 2017 selama 15 hari.

Lalu, remisi umum 17 Agustus 2018 sebanyak 2 bulan dan remisi khusus Natal 2018 sejumlah 1 bulam. “Dengan pengurangan remisi tersebut total saudara BTP menjalani masa pemidanaan selama 1 tahun 8 bulan 15 hari,” jelas Andika.

Dalam masa pemidanaan tersebut, Ahok katanya tidak pernah menggunakan haknya sebagai narapidana. Baik itu cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersayarat, juga cuti menjelang bebas.

“Artinya yang bersangkutan bebas murni,” tukas Andika.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini

Besok, Ahok Hirup Udara Bebas Dari Mako Brimob